Rumah Abah Jajang Cianjur: Dulu Bak Surga, Usai Lebaran Amburadul

  • Arry
  • 30 Apr 2023 07:13
Rumah Sederhana Abah Jajang di CIanjur menyimpan surga dunia(@hardi artventue/youtube)

Rumah Abah Jajang menjadi tujuan wisata usai viral gegara memiliki pemandangan bak surga dunia. Namun, kini halaman bak surga itu justru amburadul usai dikunjungi banyak wisatawan terutama saat libur Lebaran.

Rumah Abah Jajang yang berlokasi di Cianjur, Jawa Barat, sebelumnya memiliki rerumputan hijau dengan dihiasi tumbuhan yang tumbuh di sekitar. Namun keindahan tersebut kini sirna. Halaman ruah Abah Jajang berubah menjadi hamparan tanah dan lumpur.

Rerumputan yang sebelumnya tumbuh bak karpet itu menjadi rusak karena banyaknya wisatawan yang datang untuk menginap atau bahan hanya mengambil foto pemandangan berlatar air terjun.

Anak Abah Jajang, Endang Supyandi, menjelaskan, sejak viral di media sosial, rumah ayahnya menjadi sering dikunjungi wisatawan. Jumlahnya terus meningkat saat libur Lebaran.

    Halaman rumah Abah Jajang kini amburadul usai libur Lebaran

"Setelah viral banyak yang datang. Paling banyak setelah lebaran. Sehari bisa di atas 1.000 orang yang datang. Dari wisatawan lokal atau luar kota," kata Endang.

Baca juga
Pernah Ditawar Rp2,5 Miliar, Maaf Rumah Surga Abah Jajang Ini Tak Dijual

Endang menjelaskan, kedatangan para wisatawan itu tak hanya ingin menikmati pemandangan. Tetapi juga banyak pula yang menginap hingga camping di halaman rumah Abah Jajang.

"Kebanyakan yang datang untuk foto-foto, karena kalau camping dan menginap terbatas tempatnya," ucapnya.

Saking banyaknya wisatawan, membuat kondisi halaman rumah Abah Jajang menjadi rusak. Namun, hal tersebut tak dipermasalahkan si empunya rumah surga tersebut.

"Ya Abah mah tidak marah, bilangnya jadi haneuteun (hangat) suasana rumah. Rencananya ditanam lagi dan dipupuk lagi supaya hijau," ujarnya.

"Karena kan tanggal 2 Mei sekolah sudah masuk, dan libur kerja berakhir. Jadi bisa ditanam lagi supaya hijau halaman," kata dia.

Selain itu, Abah Jajang juga sudah membangun dua saung di depan rumah anaknya yang berjarak sekitar 10 meter dari lokasi rumah utama.

"Iya dibangun juga sasaungan untuk pengunjung yang ingin istirahat. Sekaligus tempat berteduh kalau hujan," kata dia.

Artikel lainnya: Kasat Narkoba Polres Jaktim AKBP Buddy Tewas Tabrakkan Diri ke Kereta Api

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait