Viral Ranjau Paku Betebaran di Jalan Jakarta, Netizen: Bengkel Terdekat Pelakunya

  • Arry
  • 1 Jul 2023 12:24
Ranjau Paku(tribratanews/tribratanews.polri.go.id)

Warganet menyoroti ranjau paku yang bertebaran di jalan protokol di Jakarta. Ranjau paku itu adalah musuh dari pengemudi mobil dan motor karena jika terlindas akan langsung membuat ban kempis.

Hal tersebut seperti dalam rekaman video yang diunggah akun Instagram @jakartaterkini. Dalam video terlihat seorang pemotor tengah menggiring kendaraannya lantaran bannya kempis. Peristiwa itu terjadi di Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

Selain itu tampak pula korban ranjau lainnya yang sedang menuntun motornya karena terkena ranjau paku. Kemudian ada juga upaya pembersihan ranjau paku dengan menggunakan magnet.

"23:30 Wib, Setiap hari petugas atau relawan ranjau paku selalu aktif bersihkan ranjau paku di beberapa titik rawan ranjau seperti kawasan Gatot Subroto, MT Haryono dan daerah lain dengan magnet," tulis akun tersebut dikutip Sabtu, 1 Juli 2023.

"Namun sepertinya ranjau paku tidak pernah hilang, pelaku kucing kucingan dalam menebar ranjau, ada yang pernah jadi korban ranjau paku?selalu waspada jakartans!," tulis keterangan lanjutan.

Unggahan ini pun mendapat sorotan dari netizen. Mereka pun banyak yang mengetik pelaku penyebar ranjau paku itu adalah oknum bengkel di dekat lokasi kejadian.

Ranjau paku betebaran di jalan protokol Jakarta

"Cari tukang tambal ban terdekat, itu pelakunya."

"cari bengkel sekitar ga si? biasanya pelaku gajauh dari jebakan nya."

"Gue korbannya,,bukan sekedar paku tapi kayak potongan gagang payung gitu..nancep di ban,,masalahnya yang bahaya itu gue hampir jatuh karna dalam kecepatan lumayan lah...ngeri banget, habis gitu dorong motor lumayan jauh..pas lagi ngedorong sempet ditawarin bantuan sih, bantuannya motor gue dibawain dia trus gw bawa motor dia."

"Salah satu biar ga ada lg yaitu, suruh tutup aja tukang tambal ban yg dkt lokasi sampai ke ujung jalan, kita kan ga tau yg nebar siapa."

Sementara itu Penasihat Relawan Penyapu Ranjau Paku Saber Community Abdul Rohim, menjelaskan, ranjau jari-jari payung merupakan yang paling berbahaya.

“Jenis ranjau jari-jari payung yang didapat dari ruas jalan Gatot Subroto jenis Ranjau yang paling berbahaya karena (ban) tubeless juga bisa gembos, bahkan roda empat mobil juga bisa gembos,” kata Rohim.

Menurutnya, pelaku memotong jari-jari payung dengan ukuran tertentu. Kemudian disebar di ruas jalan protokol. Ranjau jari payung ini pun banyak ditemui di Jakarta.

Artikel lainnya: Kerusuhan Besar Pecah di Prancis, Begini Duduk Perkaranya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait