Simak 6 Tanda Diabetes yang Muncul di Kaki

  • Arry
  • 24 Jul 2023 06:33
Tanda-tanda diabetes yang muncul di kaki(ist/ist)

Diabetes merupakan gangguan metabolisme kronis yang ditandai dengan naiknya kadar gula darah. Kenaikan ini diakibatkan dari tidak mampunya tubuh memproduksi insulin secara efektif.

Penyakit diabetes ini pun dinilai dapat menimbulkan dapak pada organ tubuh seperti jantung.

Sebelum terlambat, kita perlu untuk dapat memahami tanda-tanda tubuh mulai terjangkit diabetes atau tingginya gula darah. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mengamati tanda-tanda diabetes itu pada kaki.

Berikut tanda-tanda gejala diabetes yang muncul pada kaki:

1. Sering kesemutan

Dokter Sanjay Singh seperti dikutip dari Times of India menjelaskan, diabetes dapat merusak sistem saraf dan menyebabkan neuropati perifer di kaki. Gejala yang muncul pada kaki adalah seringnya merasakan kesemutan, mati rasa, sensasi terbakar, dan kehilangan sensasi.

“Pasien mungkin mengalami kesulitan dalam mendeteksi cedera atau luka pada kaki mereka, yang dapat menyebabkan infeksi dan borok,” kata Singh dikutip dari Times of India.

2. Sirkulasi yang buruk

Kenaikan gula darah juga bisa merusak pembuluh darah sehingga menyebabkan sirkulasi yang buruk di kaki. Tanda-tanda yang muncul pada kaki biasanya adalah kerap mengalami kram kaki, nyeri, lemah, dan luka yang lambat sembuh. Gejala ini harus segera diobati. Sebab, jika terlambat maka kaki bisa saja diamputasi.

3. Ulkus kaki diabetes

Dokter Sanjay Singh juga menyatakan, Neuropati dan sirkulasi yang buruk dapat menyebabkan ulkus kaki, yaitu luka terbuka yang lambat sembuh dan rentan terhadap infeksi. "Ulkus ini membutuhkan perawatan dan penanganan luka yang cermat untuk mencegah konsekuensi serius,” ujar Singh.

4. Kemerahan dan bengkak

Gejala diabetes juga menyebabkan kelainan bentuk kaki diabetik. Kondisi ini dapat memicu patah tulang dan dislokasi pada kaki karena tulang yang melemah dan kerusakan sendi. Gejala yang tampak adalah kemerahan, bengkak, dan kelainan bentuk pada kaki atau pergelangan kaki.

5. Perubahan kulit

Singh juga menilai, gejala diabetes bisa dilihat dari adanya perubahan penampilan kulit pada kaki Anda. Seperti penampakan kulit yang menggelap, kekeringan, pecah-pecah, dan risiko infeksi jamur atau bakteri yang lebih tinggi.

6. Sindrom kaki gelisah (RLS)

Singh menjelaskan, berdasarkan penelitian baru, ada keterkaitan antara diabetes dan sindrom kaki gelisah. Gejalanya adalah Anda akan megalami hal yang tidak nyaman di kaki, seringkali berkurang dengan gerakan.

Artikel lainnya: Heboh Penampakan Nyi Roro Kidul di Pengajian Gus Miftah

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait