Tips Masak Nasi Goreng Tak Lengket di Wajan, Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan

  • Arry
  • 29 Jul 2023 08:05
Ilustrasi masak nasi goreng(@serge/unsplash)

Nasi goreng merupakan salah satu kuliner favorit. Makanan ini bisa disantap saat sarapan atau makan malam. Cara membuatnya pun mudah.

Untuk menikmati nasi goreng, Anda bisa membeli di pedagang keliling hingga restoran ternama. Atau bisa juga bikin sendiri di rumah.

Namun, terkadang nasi goreng yang dijual pedagang jauh lebih enak. Cara mereka mengolah nasi goreng pun cukup simpel.

Dan salah satu yang kerap menjadi sorotan adalah, kita tidak pernah melihat ada nasi yang menempel di wajan saat para pedagang nasi goreng keliling itu tengah beraksi.

Persoalan nasi lengket di wajan ini kerap kita alami jika memasak sendiri di rumah. Bahkan hal itu bisa terjadi saat kita menggunakan nasi yang kering sekali pun.

Baca juga
Sejarah Nasi Goreng Hingga Jadi Hidangan Khas Indonesia Terenak di Dunia Versi CNN

Ternyata ada rahasia yang membuat nasi goreng agar tidak lengket di wajan. Berikut tipsnya:

1. Pakai sedikit minyak

Selama ini, kita kerap mengira untuk memasak nasi goreng dan nasinya tidak lengket di wajan adalah dengan menggunakan banyak minyak. Cara ini paling sering kita lakukan dan hal itu adalah salah.

Nasi goreng yang terlalu banyak minyak akan membuat rasanya menjadi tidak nikmat. Selain itu tekstur nasi gorengnya pun menjadi terlalu licin.

2. Jangan gunakan beras lembek

Membuat nasi goreng adalah dengan menggunakan nasi yang keras alias pera. Jangan gunakan nasi yang pulen bahkan lembek. Sebab, bisa membuat nasi menggumpal saat dimasak.

Untuk membuat nasi khas untuk nasi goreng ada beberapa trik yang bisa dilakukan. Pertama, saat memasak nasi jangan terlalu banyak menggunakan air. Selain itu, jenis beras juga berpengaruh pada kualitas dari nasi.

Baca juga
Resep Nasi Goreng Solaria yang Nikmat dan Bikin Nagih

“Masak nasi untuk nasi goreng tidak boleh terlalu banyak air. Kira-kira di bawah ruas jari telunjuk kita agar bisa menghasilkan nasi yang bagus untuk nasi goreng,” kata Agung Budiharto, Executive Chef The Groves Suites by Grand Aston.

Sebelum dimasak, usahakan nasi dalam keadaan dingin. Jangan memasak dalam kondisi nasi yang masih hangat atau bahkan panas.

3. Wajan harus panas

Sebelum memulai proses memasak, pastikan wajan harus benar-benar panas. “Wajan kita enggak boleh setengah panas karena nanti akan bikin lengket,” terang Agung.

Setelah itu baru tuangkan minyak secukupnya. Setelah minyak panas, Anda bisa memulai untuk memasak nasi goreng.

Baca juga
Nikmatnya Nasi Goreng Padang Ala Lord Adi Masterchef Indonesia

4. Gunakan api besar

Saat memasak nasi goreng, usahakan menggunakan api yang besar. Hal ini juga menjadi salah satu trik agar nasi tidak lengket di wajan.

“Kita harus mengetahui timing atau waktu dan punya perkiraan kapan kita harus membesarkan api dan kapan harus kita kecilkan,” jelas Agung.

“Semua itu bisa dilihat di saat kita memasak nasi goreng lihat asap yang keluar dari wajan dan nasi yang kita masak,” ujarnya.

Demikian cara membuat nasi goreng sendiri dan tidak lengket di wajan. Selamat mencoba.

Artikel lainnya: Heboh Wine Nabidz Halal, Kemenag Tak Pernah Keluarkan Sertifikat Halal

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait