3 Tips Memelihara Kucing Dalam Islam, Agar Berkah dan Membawa Pahala Besar

  • Arry
  • 2 Agt 2023 04:50
Kucing(@achmadbiz/pixabay.com)

Kucing merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara. Ada banyak alasan kita memelihara kucing. Mulai bentuknya yang lucu dan menggemaskan hingga salah satu hewan yang setia.

Dalam Islam, memelihara kucing harus mengikuti sejumlah rambu-rambu yang ada. Hal ini dimaksudkan agar kucing tersebut terawat dengan baik dan tidak menyusahkan warga setempat.

Melansir laman NU Online, Ustaz Zainuddin Lubis, Pegiat Kajian Islam, di Ciputat, Tangerang Selatan, menyatakan ada tips untuk memelihara kucing:

1. Rawat dengan kasih-sayang

Langkah pertama adalah tidak menyakitinya. Termasuk jangan membunuh kucing tanpa sebab. Imam Ibnu Hajar Haitami dalam kitab Al Fatawa al Fiqhiyyah al Kubra [Beirut, Dar Kutub al Ilmiyah, 1971], juz 4, halaman 240] mengatakan, hukumnya sunnah memuliakan dan merawat kucing dengan cinta penuh kasih. Ia berkata;

Artinya: "Dianjurkan memuliakan kucing, dan wajib bagi pemiliknya memberikan makan kepadanya jikalau kucing itu tidak bisa mencari makan sendiri."

2. Memberi makan kucing

Dalam Islam, memberi makan hewan termasuk kucing akan mendatangkan pahala yang besar. Dalam beberapa hadis Rasulullah dijelaskan, Nabi Muhammad SAW menjelaskan orang yang memberikan makan pada hewan, maka ia akan mendapatkan ganjaran dari Allah SWT. Sedangkan orang yang membiarkan hewan tanpa diberikan makanan, maka kelak akan mendapatkan azab dan siksa dari Allah.

Bahkan, dalam sebuah hadis dikisahkan seorang perempuan disiksa dalam kubur dan divonis neraka, karena membiarkan kucing mati kelaparan. Hadits itu statusnya shahih yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim. Rasulullah bersabda dari Abdullah bin Umar;

Artinya; "Sungguh Rasulullah saw. telah bersabda, “Ada seorang wanita yang diazab karena seekor kucing. Ia mengurung kucingnya sampai mati, lalu ia masuk neraka karenanya. Ia tidak memberikan makan dan minum kucingnya. Bahkan ia mengurungnya. Ia tidak meninggalkan makanan untuknya, sehingga ia memakan apa yang keluar dari bumi.”

3. Mempersiapkan kandang yang aman dan nyaman

Kandang yang aman dan nyaman itu maksudnya adalah memberikan kandang dengan ukuran yang ideal bagi kucing untuk bergerak, bermain, dan beristirahat dengan nyaman. Tujuannya adalah agar membuat kucing tidak merasa terkekang dan memiliki cukup ruang untuk menjalani aktivitas fisik yang sehat.

Kandang tersebut harus dipastikan memiliki ventilasi yang cukup agar udara dalam kandang tetap segar. Salah satu tujuannya adalah agar memastikan kucing tetap sehat. Selain itu, kandang juga harus rajin dibersihkan secara rutin. Dengan memberikan lingkungan yang sesuai, kita dapat membantu kucing tetap sehat, bahagia, dan memiliki kehidupan yang lebih baik.

Artikel lainnya: Tips Masak Nasi Goreng Tak Lengket di Wajan, Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait