6 Hal yang Harus Dilakukan Usai Makan Agar Berat Badan Tak Naik

  • Arry
  • 23 Nov 2023 11:25
Ilustrasi Makan(@inayali/unsplash)

Banyak kegiatan yang bisa cepat memicu kenaikan berat badan usai makan. Lalu apa saja yang harus dilakukan setelah makan agar berat badan tidak cepat naik?

Agar berat badan tidak cepat naik drastis usai makan, anda dapat melakukan sejumlah kegiatan. Seperti berjalan kaki hingga tidak langsung rebahan.

Meski demikian, Anda juga tetap diimbau menjaga asupan makanan dan tetap berolahraga secara rutin.

Mengutip dari Insider dan WebMD, berikut 7 cara yang harus dilakukan usai makan agar berat badan tidak naik:

  • Berjalan kaki

Berjalan kaki setelah makan dapat membuat makanan cepat dicerna dengan baik. Selain itu, Anda juga bisa menghidar dari kembung dan kekenyangan. Selain itu, jalan kaki sekitar 5-10 setelah makan juuga dapat membakar gula darah dan penumpukan lemak.

  • Minum air atau minuman rendah kalori

Minum air putih setelah makan dapat menghilangkan penumpukan sodium dalam tubuh. Meski demikian, minum air putih juga jangan terlalu banyak karena bisa memicu sakit perut.

  • Tidak berbaring

Berbaring atau rebahan setelah makan merupakan kerap dilakukan setelah makan, terutama usai makan siang. Kebiasaan ini pun dapat memicu perut lebih cepat membuncit, karena makanan menjadi tidak dapat dicerna dengan baik. Selain itu, kebiasaan berbaring setelah makan juga bisa memicu risiko asam lambung.

  • Merencanakan makanan atau kudapan selanjutnya

Dengan merencanakan makanan apa yang akan disantap berikutnya, akan dapat menghindari untuk menyantap makanan yang tinggi kalori. Hal ini sekaligus bisa mengurangi porsi makanan yang akan disantap.

  • Menghindari menimbang berat badan

Ada sejumlah orang gemar menimbang badan usai makan. Hal ini kerap dilakukan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Hal tersebut justru tidak efektif. Sebab, penambahan berat badan dipengaruhi kandungan pada makanan tersebut.

  • Berolahraga secara rutin

Berolahraga secara rutin dapat menjaga kesehatan tubuh dan juga mencegah kenaikan berat badan.

Artikel lainnya: Daftar UMP 2024: dari DKI Jakarta, Jawa Timur, Hingga Sulawesi Selatan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait