Heboh Denny Sumargo Ucap Kalimat Syahadat, Resmi Mualaf?

  • Arry
  • 24 Des 2023 11:55
Momen Denny Sumargo membaca dua kalimat syahadat bersama Deryansha Azhary alais Dery Eks Vierratale(curhat bang denny sumargo/youtube)

Baru-baru ini heboh saat Denny Sumargo mengucapkan kalimat syahadat dengan dipandu oleh Deryansha Azhary alais Dery Eks Vierratale. Apakah Denny Sumargo resmi menjadi mualaf alias masuk islam?

Untuk diketahui, syarat untuk masuk atau memeluk agama Islam salah satunya adalah membaca dua kalimat syahadat. Kalimat ini pun menjadi rukun Islam pertama bagi umat muslim.

Momen Denny Sumargo mengucap du akalimat syahadat ini terjadi saat Deryansha hadir sebagai tamu di Podcast Curhat Bang yang dipandu Denny Sumargo.

Netizen bereaksi menilai Denny Sumargo masih belum bisa dibilang telah masuk Islam. Sebab, pembacaan syahadat itu tidak dilandasi niat dari mantan pebasket nasional tersebut.

Baca juga
DJ Verny Hasan Tantang Tes DNA Lagi, Denny Sumargo: Ayo Tes ke-2, 3, 4 Gak Masalah

Denny Sumargo pun buka suara soal dirinya membaca kalimat syahadat. Dia menyatakan, mengucapkan dua kalimat syahadat tidak jadi masalah baginya.

“Karena buat gue sebenarnya nggak ada masalah. Apa sih masalahnya gitu loh ketika lu mengucapkan kalimat syadahat. What is the problem?" kata Denny Sumargo dalam podcast Kasisolusi yang dipandu Deryansha dikutip Minggu, 24 Desember 2023.

    Denny Sumargo saat berkunjung ke Pesantren Ora Aji pimpinan Gus Miftah (Curhat Bang - Youtube)
Denny Sumargo saat berkunjung ke Pesantren Ora Aji pimpinan Gus Miftah (Curhat Bang - Youtube)

"Buat orang lain, kalau mungkin agama lain ketika itu menjadi problem, ya gue tidak masalah. Tapi kalau buat gue sebagai individu ya nggak ada masalah,” kata Densu.

“Emang masalahnya apa? Kalimat syahadat emang ada jahatnya di mana? Kemudian kalau kemudian lu mengucapkan itu emang kenapa? Menjadi Islam? Terus kenapa?” sambungnya.

Baca juga
Denny Sumargo Diruqyah Usai Podcastnya Dianggap Kutukan, Ada Jin Nempel

Densu pun meyakini, untuk menjadi mualaf tentunya tidak hanya membaca kalimat syahadat saja. Namun juga harus punya niat dalam hatinya.

“Ya kan sekarang ketika orang mengucap kalimat syahadat ya kan, dia berbicara gitu, terus dituntun gitu kan. Terus itu kan ada ritualnya. Nggak mungkin kemudian dia menjadi sah begitu aja kan. Ada mesti diucapkannya bersama dengan siapa, terus apa, dan ada saksi segala macam begitu kan?” paparnya.

Hal tersebut pun dibenarkan Deryansha. Menurutnya, untuk menjadi mualaf, harus ada kesungguhan dalam hati dan niat selain membaca kalimat syahadat.

“Iya, memang balik lagi dari keniatannya, saksi, dst. Ada juga yang cuman buat bercandaan, mainan, itu beda cerita tuh,” ata Dery.

“Kalau misalnya gue buka Google, terus gue lihat kalimat syahadat, gue baca gitu. Terus kemudian gue jadi Islam, emang iya? Pasti kan harus dalam hatinya, kalau cuma ngucap kan belum tentu kemudian itu (jadi mualaf),” timpal Denny Sumargo.

Artikel lainnya: Ada 26 Jalan di Jakarta Ditutup Saat Malam Tahun Baru 2024, Cek Rute Pengalihannya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait