Viral Video Ajakan Isi BBM di SPBU dengan Speed 1, Ini Penjelasan Pertamina

  • Arry
  • 28 Des 2023 11:28
Ilustrasi mengisi BBM(@visualkarsa/unsplash)

Viral beredar video seseorang meminta petugas SPBU menggunakan speed 1 saat mengisi BBM ke mobil konsumen. Permintaan itu agar BBM yang dibeli sesuai dengan takaran.

Video itu viral dari akun TikTok, @lusino****. Dalam video itu, pengunggah juga memberikan tips mengisi BBM agar tidak dicurangi.

"Tips isi bensin di pom SPBU. Ga semua pom SPBU itu amanah ya. Hemat belum tentu pelit. Tetapi ketika Kamu bijak menggunakan berkat yang Tuhan berikan kepadamu, berbagilah kepada orang yang lebih membutuhkan," tulis akun tersebut dikutip Kamis, 28 Desember 2023.

Dalam video yang diunggah, pemilik akun juga memberikan tips mengisi BBM.

"Tips ini boleh dicoba ya, sebelum kalian isi selalu bilang sama masnya... 'mas speed satu ya'. Jadi tidak semua pom bensin itu amanah ya guys. Nah, ada dua ciri-ciri sih yang pertama mereka (petugas) sedikit keberatan ketika kita minta speed satu 'oh nggak mbak, kita langsung speed tiga', itu wajib kalian curigai," ujar pengunggah.

"Yang kedua coba kalian tes 'mas motor saya mogok di sana' dan kalian bawa botol aqua yang satu setengah liter. Ketika dia banyak alasan, itu wajib dicurigai meterannya," sambungnya.

Baca juga
Harga BBM Pertamax Turun, Ini Daftar Harga BBM Pertamina Terbaru per 1 Desember 2023

Lalu, benarkah isi BBM menggunakan speed satu bisa mengurangi kecurangan?

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menegaskan, tips yang disampaikan konsumen tersebut adalah tidak benar.

"Terkait konten yang beredar di media sosial yang menyebut pembelian BBM menggunakan speed satu supaya tidak dicurangi, bahwa hal tersebut tidak benar dan masuk kategori hoaks," kata Irto dikutip dari Kompas.com.

Irto menjelaskan, penggunaan speed satu, dua atau tiga, kuantitas BBM yang dikeluarkan melalui nozzle sudah sesuai dengan meteran yang tercantum.

Baca juga
Pertamina Hapus Pertalite Pada 2024, Ini Gantinya

Nozzle sendiri adalah alat yang berfungsi mengontrol aliran fluida berupa cairan ataupun gas yang keluar dari ruang tertutup. Nozzle ini digunakan untuk mengalikrkan BBM ke tangki kendaraan.

Irto menjelaskan, speed pada nozzle berfungsi mengatur kecepatan BBM yang keluar. Speed satu berarti kecepatan BBM yang keluar paling lambat dan yang tercepat adalah speed tiga.

"Baik dengan speed satu, dua, maupun tiga, tidak akan mempengaruhi takaran BBM yang dibeli konsumen," ujarnya.

"Selain itu, setiap alat ukur sudah ditera sesuai ketentuan yang berlaku. Ini dilakukan agar penyaluran BBM tepat secara kualitas dan kuantitas," jelasnya.

Artikel lainnya: Jubir Timnas AMIN Ditangkap, Indra Charismiadji Diduga Rugikan Negara Rp1,1 Miliar

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait