Jangan Salah Beli Saat Bulan Ramadan, 6 Kurma Ini Berasal dari Israel

  • Arry
  • 23 Feb 2024 14:36
Buah kurma(@profesor25/unsplash)

Kurma identik dengan buah yang kerap disantap saat bulan Ramadan. Buah asal Timur Tengah ini biasa dikonsumsi saat berbuka puasa.

Namun, Anda harus waspada. Sebab, dari deretan kurma yang beredar di Indonesia, ada yang berasal dari Israel. Simak daftarnya.

Hal ini terkait dengan Fatwa MUI agar tidak membeli produk yang mendukung maupun berasal dari Israel.

Mengutip laman Palestine Campaign, ada sejumlah produk kurma yang beredar di pasaran yang berasal dari enam perusahaan dari Israel. Enam produk kurma itu adalah:

  1. Hadiklaim
  2. Mehadrin
  3. Agrexco
  4. Arava
  5. Edom
  6. MTex

"Pada Ramadan ini, jangan membeli kurma Israel. Dukung kemerdekaan Palestina! Jangan berbuka puasa dengan kurma Israel di bulan Ramadan ini," tulis Palestine Campaign, dikutip Jumat, 23 Februari 2024.

Untuk diketahui, Israel adalah negara kedua yang memiliki nilai ekspor kurma terbesar di dunia. Israel dilaporkan memiliki nilai ekspor kurma lebih dari US$317 juta atau sekitar Rp4,95 triliun.

Israel memproduksi lebih dari 60 persen pangsa pasar global untuk salah satu jenis unggulan, kurma Medjool. Maka dari itu, tak heran jika Israel menjadi pengekspor kurma Medjool terbesar di dunia.

Palestine Campaign menulis empat cara yang bisa dilakukan masyarakat untuk menghindari membeli kurma asal Israel:

  1. Periksa label saat membeli kurma. Jangan membeli kurma yang diproduksi atau dikemas di Israel atau pemukiman Tepi Barat
  2. Periksa label pada semua kurma Medjool. Sebagian besar kurma Medjool yang dijual di supermarket ditanam di Israel atau pemukiman ilegal Israel di tanah Palestina
  3. Jangan membeli kurma yang mencantumkan Hadiklaim pada labelnya. Hadiklaim adalah pengekspor kurma terbesar dari Israel dan permukiman ilegalnya. Perusahaan ini menjual kurma ke luar negeri dengan merek King Solomon, Jordan River, dan Jordan River Bio-Top, serta di bawah label pribadi jaringan supermarket
  4. Periksa label untuk perusahaan yang mengekspor kurma dari Israel dan pemukiman ilegal, seperti Mehadrin, MTex, Edom, Agrexco, dan Arava.

Artikel lainnya: Daftar Terbaru Menteri-Wamen Beserta Partainya Usai AHY Jadi Menteri ATR, Tanpa PKS

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait