Resep Pedas Sambal Cumi dengan Aroma Nikmat dari Terasi

  • Arry
  • 26 Feb 2024 19:31
Resep sambal cumi terasi(ist/ist)

Sambal terasi adalah salah satu kuliner yang banyak digemari. Bagaimana jika sambal terasi ini diolah menjadi sambal cumi teasi. Simak resepnya.

Sambal terasi terkenal memiliki cita rasa yang sangat menggugah selera. Aroma terasi yang menggoda membuat samabl ini sangat digemari.

Ada berbagai macam sambal yang bisa ditemukan. Salah satunya adalah sambal cumi terasi. Simak resepnya:

Bahan-Bahan:

10-15 cabai rawit merah (atau sesuai selera kepedasan)
5 bawang merah
Cumi secukupnya
3 siung bawang putih
2-3 buah tomat (opsional, untuk sedikit rasa manis)
1 sendok makan terasi (udang kering yang telah difermentasi)
Gula secukupnya (jika tomat tidak digunakan)
Garam secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

  1. Pertama, siapkan semua bahan yang diperlukan. Cuci bersih cabai rawit dan tomat (jika digunakan), kupas kulit bawang merah dan bawang putih.
  2. Jika Anda menginginkan sambal terasi yang lebih pedas, gunakan cabai rawit dengan jumlah lebih banyak. Namun, jika Anda menginginkan sambal yang lebih mild, cukup gunakan beberapa cabai rawit.
  3. Haluskan cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih menggunakan blender atau ulekan. Jika Anda menggunakan tomat, haluskan juga bersama bahan-bahan lainnya.
  4. Selanjutnya, tambahkan terasi yang telah dihaluskan ke dalam bumbu sambal dan aduk rata.
  5. Panaskan sedikit minyak goreng dalam wajan. Tumis bumbu sambal yang telah dihaluskan dan terasi hingga harum dan matang.
  6. Jika Anda menggunakan tomat, tambahkan sedikit gula secukupnya untuk menyeimbangkan rasa pedas dengan manis dari tomat. Koreksi rasa sambal terasi dengan menambahkan garam secukupnya.
  7. Sambal terasi siap disajikan! Anda dapat menyantapnya sebagai pelengkap hidangan nasi, mi, atau hidangan favorit Anda seperti ikan bakar, ayam goreng, atau tahu tempe.

Artikel lainnya: Muncul Teori Mengerikan Hilangnya Pesawat Malaysia Airlines MH370

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait