Akira Toriyama, Kreator Manga Dragon Ball Meninggal Dunia

  • Arry
  • 8 Mar 2024 14:00
Akira Toriyama, pembuat komik Dragon Ball meninggal dunia(ist/ist)

Kabar duka menyelimuti penggemar maga dan anime Dragon Ball. Mangaka Akira Toriyama, sang kreator Dragon Ball, meninggal dunia.

Kabar kematian Akira Toriyama ini dikonfirmasi langsung akun media sosial resminya dan Dragon Ball.

"Kami sangat sedih untuk memberi tahu Anda bahwa pencipta manga Akira Toriyama meninggal pada 1 Maret karena hematoma subdural akut. Dia berusia 68 tahun," bunyi pernyataan Dragon Ball Official, dikutip Jumat, 8 Maret 2024.

Pihak tim manajemen Dragon Ball meminta selama prosesi pemakaman akan dilakukan tertutup.

"Mengikuti keinginan beliau akan ketenangan, dengan hormat kami informasikan bahwa kami tidak akan menerima bunga, hadiah belasungkawa, kunjungan, sesaji dan lain-lain."

"Selain itu, kami meminta Anda untuk tidak melakukan wawancara dengan keluarganya," kata Dragon Ball.

Akira Toriyama, pria kelahiran Nagoya pada 1955 itu mengenalkan tokoh Dragon Ball ke dunia pada 1984. Dragon Ball kemudian menjadi manga shonen paling berpengaruh sepanjang masa sampai sekarang.

Akira Toriyama pun banyak diganjar penghargaan usai meledaknya Dragon Ball di seluruh dunia. Seperti penghargaan maga terbaik dan Golden Age of Jump.

Akira Toriyama diketahui menggarap Dragon Ball dari 1984 hingga 1995. Dalam kurun 11 tahun itu, dia menghasilkan 519 bab yang dikumpulkan dalam 42 volume. Tiap volume diketahui memiliki rerata 200 halaman.

Penjualan manga Dragon Ball pun mencetak rekor di Jepang karena terjual hingga lebih dari 35 juta kopi. Dragon Ball pun mencapai rekor penjualan terbaik dengan mencatat lebih dari 120 juta eksemplar yang terjual. |

Artikel lainnya: Viral Debat Panas Noel Ebenezer vs Deddy Sitorus Hingga Nyaris Adu Jotos di Metro TV

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait