Gempa M 7,2 Guncang Taiwan, Peringatan Tsunami Berbunyi di Jepang Hingga Filipina

  • Arry
  • 3 Apr 2024 09:36
Ilustrasi gempa(ist/ist)

Gempa berkekuatan Magnitudo 7,2 menguncang Taiwan pada Rabu, 3 April 2024. Gempa ini memicu peringatan tsunami di sejumlah negara seperti Jepang hingga Filipina.

Reuters memberitakan, berdasarkan keterangan Administrasi Cuaca Pusat Taiwan, gempa terjadi pada pukul 07.58 waktu setempat. Lokasi gempa berada pada kedalaman 15,5 km di lepas pantai timur Taiwan. Ini merupakan gempa terkuat yang mengguncang Taiwan dalam 25 tahun terakhir.

Stasiun televisi Taiwan menayangan rekaman sejumlah bangunan yang runtuh di wilayah timur Hualien, dekat dengan pusat gempa. diperkirakan sejumlah orang terjebak di reruntuhan bangunan tersebut.

Gempa ini juga dirasakan di sejumlah negara tetangga seperti Jepang dan China. Bahkan di Jepang, Badan Meteorologi atau JMA mereka mengeluarkan peringatan terjadinya gelombang tsunami setinggi 3 meter.

JMA mengeluarkan peringatan evakuasi untuk daerah pesisir prefektur selatan Okinawa. Dan diperkirakan gelombang tsunami akan mencapai wilayah yang luas di pantai barat daya Jepang.

JMA menyebut, kekuatan gempa mencapai magnitudo 7,5. "Tsunami setinggi 30 cm mencapai Pulau Yonaguni pada pukul 09.18 pagi waktu setempat," kata JMA.

Sementara itu, media pemerintah China merilis, gempa terasa di sejumlah daerah seperti Fuzhou, Xiamen, Quanzhou dan Ningde di provinsi Fujian. Bahkan ada seorang saksi mata mengatakan gempa terasa di Shanghai.

Di Filipina, Badan Seismologi mengeluarkan peringatan kepada penduduk yang berada di pesisir untuk segera mengungsi ke tempat tempat yang lebih tinggi.

Kantor berita Central News Agency (CNA) Taiwan melaporkan, gempa ini menjadi yang terbesar sejak tahun 1999. Saat itu terjadi gempa berkekuatan Magnitudo 7,6 dan menewaskan sekitar 2.400 orang dan 50.000 bangunan hancur.

Artikel lainnya: Indah, Pengasuh yang Aniaya Anak Aghnia Punjabi Kesal Gajinya Telat Dibayar

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait