Tol Bocimi Longsor Meski Belum 1 Tahun Diresmkan Presiden Jokowi, Ini Penyebabnya

  • Arry
  • 4 Apr 2024 11:28
Tol Bocimi longsor(ist/ist)

Ruas Tol Bocimi jalur menuju pintu keluar Gerbang Tol Parungkuda, Kabupate Sukabumi, longsor pada Rabu malam, 3 April 2024. Satu mobil pun terjun ke jurang yang terjadi akibat amblasnya jalan tol itu.

Untuk diketahui, Tol Bocimi diresmikan Presiden Joko Widodo pada 4 Agustus 2023. Ruas tol ini pun menjadi salah satu dari jalan tol yang akan digunakan pada arus mudik Lebaran 2024.

PT Waskita Toll Road atau WTR, selaku pihak pengelola, menjelaskan, longsor terjadi di KM 64 Tol Bocimi arah Sukabumi. Longsor terjadi akibat gerusan air saat hujan deras pada Rabu.

"Diduga longsor terjadi karena gerusan air akibat hujan deras sekitar lokasi. Saat ini Manajemen PT Waskita Karya dan PT Waskita Toll Road sedang melakukan peninjauan lokasi untuk memastikan penanganan dan melihat kondisi keseluruhan ruas Tol Bocimi," kata Corporate Secretary PT Waskita Toll Road Alex Siwu dalam keterangan tertulis, Kamis, 4 April 2024.

Baca juga
Tol Bocimi Amblas: 1 Mobil Terjun ke Jurang, 2 Orang Jadi Korban

Alex menjelaskan, area yang terdampak logsor adalah lajur I mainroad Jalan Tol Bocimi. Pihaknya kini mengambil langkah antisipasi yakni menutup akses arah dari Parungkuda menuju Ciawi. Hal ini untuk menghindari potensi atau terjadinya longsor susulan.

"Pengamanan di sekitar lokasi dan di gerbang Tol Parungkuda kami perketat antisipasi adanya kendaraan yang masuk dari Jakarta/Bogor ataupun Sukabumi masuk ke jalur tersebut," tambahnya.

Jalan Tol Bocimi memiliki panjang 53,6 kilometer. Jalan tol yang terdiri dari empat seksi menghubungkan Kota Bogor dan Kabupaten Bogor dengan Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi.

Artikel lainnya: Hujan Deras Jakarta: 10 RT Banjir Sampai 1,6 M, Jalan Kemang Hingga Bambu Apus Banjir

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait