Kompolnas Ungkap 5 Kejanggalan Kematian Brigadir Ridhal di Depan Rumah Bos Batubara

  • Arry
  • 29 Apr 2024 09:28
Olah TKP anggota Polresta Manado Brigadir Ridhal Ali Tomi yang tewas diduga bunuh diri di Jl Mampang Prapatan IV, Jakarta Selatan (ist/ist)

Kasus tewasnya Brigadir Ridhal Ali Tomi yang disebut menembak kepalanya sendiri di dalam mobil Toyota Alphard menimbulkan kecurigaan. Insiden ini terjadi di depan rumah pengusaha bos di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Kompolnas menemukan sejumlah kejanggalan dalam kasus kematian Brigadir Ridhal. Mereka pun meminta Propam Polri segera mengungkap hal-hal yang dianggap janggal tersebut, salah satunya adalah adanya surat tugas hingga sosok Polwan yang disebut mengajak Ridhal ke Jakarta.

“Dari pemberitaan hasil wawancara dengan istri korban dan pemilik rumah memang ada beberapa hal yang perlu segera diungkap agar keluarga dan publik tidak curiga, antara lain legalitas penugasan dia,” kata Ketua Harian Kompolnas, Irjen (Purn) Benny Mamoto, Minggu, 28 April 2024.

Menurut Benny, Propam harus mengungkapkan siapa yang menugaskan Ridhal. Sebab, berdasar pengakuan istrinya, anggota Polresta Mando itu disebut sudah bertugas di Jakarta sejak 2022.

Baca juga
Hasil Visum Polisi Manado Tewas Bunuh Diri di Alphard: Luka Pelipis Kanan ke Kiri

“Penjelasan atasan langsung sangat diperlukan, apakah di TKP atau hasil penggeledahan di tempat menginap ditemukan surat tugas, siapa Polwan yang dimaksud istrinya mengajak ke Jakarta, kemudian hasil digital forensik medsos dan HP-nya, keterangan rekan kerja, dan lain-lain,” jelasnya.

“Oleh sebab itu, Kompolnas mendorong agar Propam dan Itwasda ikut memeriksa poin-poin tersebut agar motif dan latar belakang kasus ini segera clear,” lanjut dia.

Kompolnas juga mendorong agar dilakukan evaluasi dan kajian atas kasus-kasus bunuh diri polisi yang terjadi beruntun. Dalam rentan waktu berdekatan.

“Hasil evaluasi dapat digunakan untuk antisipasi ke depan agar tidak terjadi lagi,” imbuh Benny.

Baca juga
Heboh Brigadir Polisi Ridhal Tembak Kepala Sendiri di depan Rumah Bos Batubara

Berikut lima kejanggalan kematian Brigadir Ridhal temuan Kompolnas

  1. Legalitas penugasan Brigadir Ridhal di Jakarta (apakah ada Sprint-nya?)
  2. Apakah di TKP atau hasil penggeledahan di tempat Brigadir Ridhal menginap ditemukan surat tugas?
  3. Siapa yang menugaskan Brigadir Ridhal karena menurut istrinya, sejak 2022 ditugaskan untuk mengawal?
  4. Siapa Polwan yang dimaksud istrinya mengajak ke Jakarta?
  5. Bagimana hasil digital forensik medsos dan HP Brigadir Ridhal termasuk keterangan rekan kerja?

Untuk diketahui, Brigadir Ridhal ditemukan tewas di dalam mobil Alphard dengan luka tembak di kepalanya. Insiden ini terjadi halaman parkiran rumah pengusaha batu bara di kawasan Mampang, Jakarta Selatan pada 25 AApril 2024.

Artikel lainnya: Hasil dan Klasemen Liga Inggris: Arsenal dan Man City Saling Tempel di Puncak

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait