Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi Sumatra Barat, Korban Meninggal 37 Orang

  • Arry
  • 13 Mei 2024 08:17
Banjir lahar dingin Gunung Marapi Sumatera Barat(humas/bnpb)

Banjir bandang lahar dingin Gunung Marapi melanda wilayah Sumatera Barat pada Sabtu, 11 Mei 2024. Bencana ini menyebabkan 37 orang meninggal dunia.

Banjir bandang ini dipicu hujan dengan intensitas tinggi di wilayah hulu Gunung Marapi. Empat kabupaten terdampak cukup parah akibat kejadian ini antara lain Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Padang Panjang, dan Kabupaten Padang Pariaman.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, menjelaskan, berdasarkan data hingga Minggu, 12 Mei 2024 pukul 21.00 WIB, total korban meninggal dunia akibat bencana ini mencapai 37 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 35 korban sudah berhasil diidentifikasi.

Rinciannya,

  • Kabupaten Agam: 19 orang meninggal dunia
  • Kabupaten Tanah Datar: 9 orang meninggal dunia
  • Kabupaten Padang Panjang: 2 orang meninggal dunia
  • Kabupaten Padang Pariaman: 7 orang meninggal dunia tujuh orang

"Dua jenazah lainnya masih dalam proses identifikasi," kata Abdul Muhari dalam keterangan tertulisnya, Senin, 13 Mei 2024.

Adapun perubahan jumlah korban disebabkan dinamika laporan dari masyarakat yang kemudian disesuaikan dengan catatan korban ditemukan, dan yang masih dalam pencarian oleh Basarnas dan TNI-POLRI.

Untuk sementara upaya pencarian dan pertolongan dihentikan mengingat kondisi malam hari di lokasi terdampak yang kurang penerangan dan adanya peringatan akan peningkatan getaran hujan di wilayah hulu.

Selain itu, sebanyak 17 orang dilaporkan hilang. Dari jumlah itu, sebanyak 14 orang hilang dari Kabupaten Tanah Datar dan tiga lainnya dari Kabupaten Agam.

BNPB mengimbau masyarakat yang bermukim di sekitar bantaran sungai yang berhulu ke Gunung Marapi agar selalu waspada akan potensi risiko bahaya susulan. Warga diharap melakukan evakuasi mandiri ke tempat yang lebih aman.

Artikel lainnya: Hasil MotoGP Prancis di Le Mans: Jorge Martin Tercepat, Marquez Asapi Bagnaia

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait