Warga Tertimpa Pohon Saat Heli Jokowi Mendarat di Muna, Ini Respons Istana

  • Arry
  • 15 Mei 2024 16:56
Presiden Jokowi menumpang Helikopter Kepresidenan(sekretariat kabinet/setkab.go.id)

Sejumlah warga menjadi korban saat kedatangan Presiden Joko Widodo di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. Satu warga tertimpa pohon, ada pula yang mengalami sesak napas akibat berdesakan.

insiden ini terjadi pada Senin, 13 Mei 2024. Saat itu Presiden Jokowi dan rombongan datang dengan menaiki helikopter kepresidenan. Heli itu kemudian mendarat di Lapangan Alun-alun Raha, Ibu Kota Kabupaten Muna.

Sesaat sebelum mendarat, helikopter tersebut menimbulkan empasan angin yang cukup kencang di sekitar landasan. Imbasnya, sejumlah ranting pohon banyak yang patah dan mengenai warga yang menunggu kedatangan Presiden jokowi.

Padahal sebelum mendarat, ratusan personel keamanan sudah mengingatkan warga agar tidak mendekat lokasi pendaratan helikopter Jokowi. naun warga terlalu antusias hingga menimbulkan kerumunan.

Baca juga
Helikopter Jokowi Patahkan Dahan Pohon dan Bikin Warga Terluka, Istana Beri Santunan

Salah satu warga yang terkena paling parah adalah Rezky Indah Sari. Wanita berusia 32 tahun itu mengalamluka di bagian kepala hingga harus mendapatkan beberapa jahitan.

Selain itu, ada enam warga lain yang terkena ranting pohon. Namun kondisinya tidak parah.

Plt Deputi Biro Pers Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana, merespons insiden yang terjadi saat kedatangan Presiden Jokowi. Menurutnya, korban yang terkena pohon tumbang sudah dalam perawatan.

Pihak Sekretariat Presiden juga menanggung seluruh perawatan dan memberikan bantuan kepada korban.

"Korban terkena dahan pohon yang tumbang pada saat heli Super Puma mendarat di helipad alun-alun Raha, Kabupaten Muna. Serta ada yang karena berdesak-desakan," kata Yusuf kepada wartawan, Rabu, 15 Mei 2024.

Baca juga
Momen Helikopter Jokowi Robohkan Tembok Stadion Mini Senilai Rp700 Juta

Selain biaya perawatan yang ditangung, Yusuf menyatakan, para korban diberi bantuan tiga paket sembako. Adapun identitas korban adalah Rezky Indah Permatasari (32), Kheisya (15), Salsabila (14), dan Mahdiah Safitri (anggota Satpol PP).

Yusuf menjelaskan, korban Rezky yang tertimpa dahan pohon mengalami luka robek di kepala. Saat ini korban dirawat di ruang Resusitasi IGD RSUD dr Baharudin, Kabupaten Muna. Rezky direkomendasikan untuk rawat inap.

Sementara itu, korban atas nama Kheisya jatuh pingsan di depan SMP 1 Raha saat menyambut Jokowi. Korban diobservasi dan direkomendasikan untuk rawat jalan.

Sedangkan korban Salsabila juga mengalami pingsan sesak napas karena berdesakan di Bulog. Salsabila juga direkomendasikan rawat jalan.

Berikut jumlah bantuan yang diberikan kepada para korban:

1. Rezky Rp 10 juta (luka berat)
2. Khesya Rp 5 juta (sesak napas)
3. Salsabila Rp 5 juta (sesak napas)
4. Madiyyah Rp 5 juta (cedera ringan).

Artikel lainnya: AirAsia Tebar Promo Tiket Murah ke Asia dan Australia Mulai Rp300 Ribuan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait