Modus Kecurangan Tes CPNS Terungkap, Ada yang Pakai Kendali Jarak Jauh

  • Arry
  • 28 Okt 2021 20:28
Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara SCASN 2021(BKN/scasn.bkn.go.id)

Pemerintah mengungkapkan indikasi kecurangan saat tes calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2021. Kecurangan tes CPNS itu kini dilakukan dengan cara yang tak lazim.

Peserta kini tak hanya menggunakan calo untuk mengerjakan soal tes CPNS. Tapi kini ada yang menggunakan modus kendali jarak jauh alias remote access.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau PANRB, Tjahjo Kumolo, menegaskan, pemerintah akan menindak pelaku kecurangan dengan tegas.

"Kasus kecurangan ini harus diusut dan segera diselesaikan sesuai hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Jika terbukti, pelakunya juga harus mendapat hukuman setimpal," kata Tjahjo dalam keterangan tertulis.

Kecurangan ini terungkap pada Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD CPNS. Seleksi dilakukan seusai jadwal di kementerian atau lembaga masing-masing.

Kasus kecurangan melalui calo terungkap dari temuan penipuan perekrutan CPN yang melibatkan anak penyanyi Nia Daniaty, Olivia Nathania.

Olivia dan suaminya kini berurusan dengan polisi dan dijerat dengan Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP dan atau Pasal 263 KUHP.

Selain itu, cara terbaru mencurangi tes CPNS adalah dengan menggunakan kendali jawak jauh atau remote access. Kecurangan ini ditemui pada pelaksanaan SKD di Pemkab Buol, Sulawesi Tengah.

Hal tersebut terungkap saat peserta diketahui merusak sistem selesi CPNS dengan modus remote acces. Hal tersebut terungkap saat hasil audit trail pada aplikasi CAT BKN yang dicocokkan dengan aktivitas peserta seleksi.

Kecurangan cara ini dilakukan dengan cara, mengakali komputer yang dipakai peserta untuk tes agar dapat diakses oleh orang di tempat lain. Orang tersebut kemudian membantu peserta menyelesaikan soal ujian.

Peserta yang terbukti curang akan langsung didiskualifikasi. Sedangkan oknum yang membantu akan diproses hukim.

 

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait