Banjir Bandang dan Longsor Terjadi di Garut, Akses ke Kawah Darajat Putus

  • Arry
  • 20 Nov 2021 14:51
Longsor di jalur akses menuju kawasan wisata Kawah Darajat, Garut(humas/bnpb)

Banjir bandang dan tanah longsor melanda Desa Karyamekar, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat pada Jumat, 19 November 2021.

"Tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut," kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan, Abdul Muhari, dalam keterangan tertulis yang diterima Newscast.id, Sabtu, 20 November 2021.

Meski demikian, lanjut Abdul Muhari, banjir bandang menimbulkan longsoran dan memutus akses jalan menuju daerah wisata Kawah Darajat. Lahan pertanian warga juga dilaporkan terendam banjir.

Abdul Muhari menjelaskan, BPBD Garut dan tim gabungan tengah mengkaji pendataan dan kemungkinan terjadi kerugian lain.

"BPBD setempat mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan sebagai langkah mitigasi adanya banjir susulan," ujarnya.

Menyikapi adanya dampak dari La Nina yang dapat terjadi di Indonesia hingga Februari 2021, BNPB mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat untuk melakukan langkah-langkah kesiapsiagaan dengan meningkatkan kewaspadaan.

Selain itu, masyarakat diharapkan dapat mengikuti instruksi dari perangkat daerah setempat apabila dalam kondisi darurat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait