Mbah Minto Bacok Pencuri Karena Diserang, Jaksa: Jangan Main Hakim Sendiri

  • Arry
  • 30 Nov 2021 17:41
Ilustrasi Penangkapan(@4711018/pixabay)

Kasmito atau mbah Minto dituntut dua tahun penjara. Jaksa menilai pria berusia 74 tahun itu terbukti melakukan pembacokan terhadap seseorang hingga mengalami luka parah.

Mbah Minto didakwa menganiaya seseorang. Padahal orang yang dianiaya adalah pencuri yang hendak mengambil ikan di kolam yang dijaga Mbah Minto. Mbah Minto membela diri karena diserang pencuri itu.

Kejaksaan menilai perbuatan mbah Minto membacok pencuri itu menjadi pelajaran bagi masyarakat. Tujuannya agar tidak main hakim sendiri.

"Tentu tidak hanya umur yang kita lihat di sini, tetapi akibat dari perbuatan yang ditimbulkan oleh terdakwa. Luka yang ditimbulkan oleh terdakwa ini memang sangat serius. Dan juga ini kita harapkan menjadi pembelajaran supaya kita tidak melakukan main hakim sendiri," kata Kepala Kejaksaan Negeri Demak Suhendra di Demak, Jawa Tengah, Selasa, 30 November 2021.

Baca Juga
Bela Diri Karena Diserang Pencuri Ikan, Mbah Minto Terancam 2 Tahun Penjara

Jaksa mendakwa mbah Minto dengan Pasal 351 ayat 2 KUHP. Ancaman hukumannya maksimal 5 tahun penjara.

Menurut Suhendra, tindakan Mbah Minto membacok pencuri tersebut jangan menjadi pembenaran bagi masyarakat untuk bertindak semena-mena.

"Nah, jadi kita tidak ingin masyarakat kemudian berbondong-bondong untuk main hakim sendiri. Jadi sehingga saya khawatirkan tindakan seperti itu dianggap pembenaran," ujarnya.

Baca Juga
6 Fakta Baru Mbah Minto, Jadi Tersangka Karena Bela Diri Mau Disetrum Pencuri

"Jadi kalau kita seperti ini, datang maling kita bisa bunuh, bisa kita bacok sampai meninggal. Nah, ini yang kita harapkan ke depan, edukasi kepada masyarakat bahwa perbuatan seperti ini salah. Kecuali ada pembelaan diri tadi," terangnya.

"Jadi tidak ada faktor lain yang kami pertimbangkan dalam tuntutan ini. Jadi semata-mata adalah karena pertimbangan-pertimbangan kesosial-masyarakatan dan pertimbangan pertimbangan yang kami di sini mewakili korban tentunya," ujarnya.

"Korban yang dilukai bagaimana perasaannya. Tulang belikat kiri ini sampai putus, sementara dia juga sudah berteriak-teriak supaya diampuni," ujarnya.


Selanjutnya Mbah Minto membacok pencuri ikan karena diserang dan mau disetrum >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait