Seragam Satpam Diganti Jadi Warna Krem, Mirip Seragam Polisi India?

  • Arry
  • 13 Jan 2022 13:27
Seragam satpam yang mirip dengan seragam polisi. Rencananya Polri akan mengganti warna seragam satpam agar berbeda dengan seragam polisi(humas/tribratanews.polri.go.id)

Polri kembali mengubah warna seragam satpam dari cokelat muda menjadi krem. Perubahan ini lantaran seragam satpam lebih mirip seragam polisi.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan menjelaskan, perubahan warna seragam satpam dari cokelat muda menjadi warna krem akan diatur dalam peraturan kepolisian (perpol).

"Itu baru diperkenalkan untuk pemberlakuannya masih menunggu perpol," kata Ramadhan di Jakarta, Kamis, 13 Januari 2022.

Ramadhan menjelaskan, penggunaan seragam satpam yang baru akan mulai berlaku satu tahun setelah perpol diterbitkan. "Jika perpol sudah diberlakukan untuk seragam satpam, baru berlaku satu tahun kemudian," ujarnya.

Baca Juga
Seragam Satpam Terlalu Mirip Polisi, Warnanya Akan Diganti Lagi Jadi Krem

Menurut Ramadhan, perubahan warna seragam satpam ini akan diperkenalkan pada saat HUT Satpam. "Pada HUT satpam akan diperkenalkan warna seragam yang baru dan akan diberlakukan setelah selesai pengkajian dan diberikan waktu setahun setelah disahkan penggunaannya," kata dia.

Ramadhan menegaskan, wacana mengubah warna seragam satpam ini karena seragam saat ini membingungkan masyarakat. Karena terlalu mirip dengan seragam polisi.

"Seragam sekarang terlalu mirip dengan seragam Polri sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan polisi dan satpam," ucap Ramadhan kepada wartawan, Rabu kemarin.

Seragam satpam sempat berwarna putih. Namun pada era Kapolri Jenderal Idham Azis, seragam satpam diubah menjadi warna cokelat muda. Kini seragam satpam kembali akan diubah menjadi warna krem.

Netizen di media sosial pun ramai membahas soal rencana perubahan seragam satpam ini. Banyak yang menyatakan nantinya warna seragam satpam akan lebih mirip dengan polisi di India.

Seragam warna krem mirip polisi India

"Seragam satpam berubah lagi warna krem, identik seragam polisi india," cuit salah satu netizen.

"Udah bener putih-biru. Balikin asal aja. Buat pembeda dengan polisi dan PNS. Kalo krem malah kayak polisi India. Bisa juga ntar kayak anak pramuka," cuit netizen lainnya.

"Warna krem nanti polisi india marah lagi, nanti ganti lagi hadew," ujar netizen lain.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait