VIDEO: Tsunami Hantam Tonga Akibat Letusan Gunung Api Bawah Laut

  • Arry
  • 15 Jan 2022 20:55
Ilustrasi Tsunami(@raymondo600/unsplash)

Gelombang tsunami menghantam wilayah ibu kota Tonga dan ibu kota Samoa Amerika. Tsunami terjadi usai gunung Hunga Tonga-Hunga Ha'apai meletus pada Sabtu, 15 Januari 2022.

Dilansir dari BBC, letusan gunung api yang berada di bawah laut itu sangat dahsyat. Bahkan terdengar hingga Australia dan Selandia baru. Letusan menyebabkan gelombang tsunami.

Bahkan gelombang tsunami menghantam Ibu kota Tonga, Nuku’alofa, yang berlokassi 65 km di utara gunung api tersebut.

Biro Meteorologi Australia melaporkan, erupsi Gunung Hunga terjadi sekitar pukul 17.10 waktu setempat. Akibat letusan itu, terjadi gelombang tsunami setinggi 1,2 meter di Nuku’aloffa.

Foto Satelit letusan Gunung Hunga Tonga-Hunga Ha'apai yang berada di Samudera Pasifik

Seorang penduduk Tonga, Mere Taufa, mengatakan, letusan gunung Hunga terdengar jelas. Dia bahkan mengira letusan itu sebagai ledakan bom.

“Insting pertama saya adalah berlindung di bawah meja, saya tarik adik kecil saya, dan berteriak meminta orang tua saya dan semua yang ada di rumah untuk melakukannya,” ujar Taufa kepada media daring Selandia Baru,Stuff.co.nz.

“Suara teriakan terdengar di mana-mana, orang-orang berteriak mencoba menyelamatkan diri, menyuruh yang lain untuk mencari dataran tinggi,” tambah Taufa.

Simak video tsunami hantam Tonga di bawah ini:

Gelombang tsunami akibat letusan gunung api bawah laut hantam Tonga

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait