1 Warga Tewas Tertembak di Tengah Demo Tolak Tambang di Parigo Moutong

  • Arry
  • 13 Feb 2022 22:37
Ilustrasi Penembakan(@WolfBlur/pixabay)

Seorang warga tewas tertembak di tengah demo menolak penambangan yang dilakukan PT Trio Kencana di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah pada Sabtu 12 Februari 2022. Korban bernama Aldi dari Desa Tada, Kecamatan Tinombo Selatan, Sulawesi Tengah.

Aksi penolakan penambangan melibatkan warga di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Toribulu, Kasimbar, dan Kecamatan Tinombo Selatan, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) Sulteng menjelaskan, aksi ini sudah dimulai sejak 7 Februari. Massa menuntut Gubernur Rusdy Mastura mencabut izin tambang PT Trio Kencana.

Pada 12 Februari, massa kembali menggelar aksi dengan tuntutan yang sama. Gubernur Rusdy yang sebelumnya berjanji akan menemui massa tidak kunjung datang.

Massa semakin banyak. Mereka sempat memblokir jalan di Desa Siney, Kecamatan Tinombo Selatan. Polisi yang berjaga pun membubarkan paksa massa sehingga terjadi penembakan ini.

Jatam pun mendesak Kapolri menarik seluruh aparat kepolisian dari lokasi dan memproses hukum aparat kepolisian terduga pelaku penembakan korban.

"Sekaligus memproses hukum Kapolres Parigi Moutong yang gagal mencegah terjadinya korban tewas dalam penanganan aksi massa," tulis tuntutan Jatam dalam keterangan tertulis.

Penembakan ini dibenarkan Polda Sulawesi Tengah. Polisi berjanji akan menangani kasus ini dengan profesional.

"Diduga demikian (tertembak), jadi sekarang lagi dilakukan pemeriksaan oleh Propam terhadap personel," kata Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Didi Supranoto.

"Akan kami tindaklanjuti sesuai prosedur hukum, baik itu yang dilakukan personel Polri maupun para pelaku unjuk rasa yang kemarin memblokir jalan," kata dia.

Menurut Didi, saat ini kondisi di lapangan sudah kembali kondusif. Kapolres dan apolsek pun sudah berada di rumah korban.

Terkait bentrokan ini, polisi sudah memeriksa 45 orang. Mereka yang diperiksa adalah warga dari ketiga kecamatan yang terlibat dalam demo.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait