Gempa M 6,2 Guncang Sumatera Barat, 2 Warga Meninggal Dunia

  • Arry
  • 25 Feb 2022 14:03
Dampak gempa M 6,2 di Pariaman Barat, Sumatera Barat(humas/bnpb)

Gempa mengguncang di sejumlah wilayah di Sumatera Barat pada Jumat 25 Februari 2022 pukul 08.39 WIB. Pusat gempa tercatat berada pada 17 km timur laut Pasaman Barat, Sumatra Barat, dengan kedalaman 10 km.

BPBD Sumatera Barat menyatakan guncangan gempa dirasakan kuat selama 3-5 detik di Kabupaten Pasaman Barat. Guncangan kuat ini mengakibatkan masyarakat panik dan keluar rumah.

Guncangan gempa ini juga dirasakan di sejumlah wilayah seperti Kabupaten Limapuluh Kota, KotaPariaman, dan Kota Padang dengan durasi gempa beragam.

Baca Juga
Gempa M 6,2 Guncang Wilayah Pasaman Sumatera Barat

Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto menyatakan berdasarkan data yang diterima, jumlah korban jiwa akibat gempa ini tercatat dua orang dan luka-luka 20 orang.

Selain itu BNPB juga menerima laporan kerusakan sejumlah bangunan rumah dan fasilitas umum. Seperti fasilitas pendidikan rusak berat 1 unit, serta kerusakan pada fasilitas perbankan, balai pertemuan warga dan aula kantor bupati Pasaman Barat.

Suharyanto menyatakan telah memerintahkan tim reaksi cepat menuju lokasi terdampak gempa. TRC nantinya akan memastikan terbentuknya pos komando (posko) sehingga upaya-upaya penanganan darurat dapat terselenggara secara terkoordinasi untuk memimpin kegiatan di lapangan.

“Kami akan memastikan kebutuhan dasar pengungsi dapat tersedia secara cepat,” ujar Suharyanto.

Suharyanto juga mengimbau kepada warga tetap waspada dan siaga terhadap potensi gempa susulan.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait