Polemik Kematian Tersangka Teroris Dokter Sunardi, Ini 6 Penjelasan Polisi

  • Arry
  • 12 Mar 2022 16:16
Tim Densus 88 Antiteror Polri(humas/polri.go.id)

3. Penembakan sesuai prosedur

Ramadhan menjelaskan, tindakan Densus 88 sudah sesuai aturan dalam KUHP hingga UU No 2 Tahun 2002.

"Petugas mengambil tindakan terukur pada Tersangka SU. Tindakan yang dilakukan kepolisian, dalam hal ini Densus 88, sudah sesuai dengan prosedur, yaitu yang diatur oleh KUHP, KUHAP, UU No 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan Perkap Polri No 1 Tahun 2009 tentang penggunaan kekuatan dalam tindakan kepolisian," kata Ramadhan.


4. Perlawanan dokter Sunardi

Ramadhan menyatakan, Densus 88 melakukan tindakan penembakan itu karena dokter Sunardi melakukan perlawanan saat ditangkap.

"Melakukan tindakan tegas dan terukur dengan alasan tindakan tersebut dilakukan karena tindakan Tersangka sudah membahayakan atau mengancam keselamatan jiwa masyarakat dan petugas Polri," jelas Ramadhan.

"Mengetahui mobilnya dihentikan oleh petugas, Tersangka melakukan perlawanan dengan agresif, yaitu dengan menabrakkan mobilnya ke arah petugas yang sedang menghentikan tersangka," ujarnya.

"Petugas mencoba naik ke, naik ke bak belakang mobil yang dikemudikan SU, dengan maksud untuk kembali mencoba memberikan peringatan agar Tersangka menghentikan laju mobil tersangka. Namun Tersangka tetap menjalankan mobilnya dan melaju dengan kencang. Serta menggoyangkan setir ke kiri ke kanan atau zigzag, yang tujuannya untuk menjatuhkan petugas yang ada di belakang," jelasnya.


6. Dokter Sunardi bikin petugas terluka

Ramadhan menjelaskan, dokter Sunardi juga memuat dua petugas terluka saat ditangkap.

"Terdapat dua anggota yang terluka akibat tersenggol atau jatuh. Kemudian tersangka juga menabrak kendaraan roda 4 dan roda 2 milik masyarakat yang sedang melintas," tuturnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait