Erick Thohir Bubarkan 3 BUMN, Maskapai Merpati Hingga Kertas Leces Tunggu Giliran

  • Arry
  • 17 Mar 2022 21:41
Menteri BUMN Erick Thohir(humas/bumn.go.id)

Menteri BUMN, Erick Thohir, resmi membubarkan tiga perusahan pelat merah. Rencananya masih ada empat BUMN lagi yang akan dibubarkan seperti maskapai Merpati hingga pabrik kertas Leces.

Tiga perusahaan BUMN yang dibubarkan adalah PT Industri Sandang Nusantara (Persero), PT Kertas Kraft Aceh (Persero), dan PT Industri Gelas (Persero) atau Iglas.

“Pada kesempatan hari ini, ada tiga perusahan yang akan dilakukan segera (pembubaran) dan menyusul perusahaan lainnya dibawah Danareksa dan PPA (Perusahaan Pengelola Aset) yang bisa dikonsolidasikan atau dikurangi jumlahnya,” kata Erick Thohir di Jakarta, Kamis, 17 Maret 2022.

Erick Thohir menjelaskan, langkah ini dilakukan sebagai bagian dari pembubaran tujuh perusahaan BUMN. Menurutnya, tiga perusahaan yang dibubarkan itu sebenarnya juga sudah lama tidak beroperasi.

Erick Thohir merinci, PT Kertas Kraft Aceh sudah tidak beroperasi sejak 2008. Sementara PT Industri Gelas tidak beroperasi sejak 2015, dan PT Industri Sandang Nusantara tak beroperasi sejak 2018.

“Tentu perusahaan ini tidak boleh terus terkatung-katung, kita tidak boleh menjadi pemimpin yang zalim yang tidak memastikan daripada keberpihakan untuk menyelesaikannya secara baik, toh jelas perusahaan ini sudah tidak beroperasi,” katanya.

Menurut Erick, proses pembubarran ini telah diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham atau RUPS yang digelar beberapa waktu lalu. Sedangkan pembubarn secara resmimasih menunggu Peraturan Pemerintah yang akan terbit pada Juni 2022 mendatang.


Selanjutnya 4 BUMN termasuk maskapai Merpati antre dibubarkan >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait