Presiden Jokowi Kucurkan BLT Minyak Goreng, Ini Fakta-faktanya

  • Arry
  • 2 Apr 2022 16:51
Presiden Joko Widodo mengecek langsung keberadaan minyak goreng di lapangan saat berada di Yogyakarta(BPMI Setpres/setkab.go.id)

Presiden Joko Widodo mengucurkan bantuan langsung tunai atau BLT minyak goreng. Kucuran ini diberikan untuk mengatasi masalah lonjakan minyak goreng yang terjadi saat ini.

BLT minyak goreng ini akan diberikan untuk 20,5 juta keluarga Indonesia. Selain itu, bantuan juga akan diberikan untuk 2,5 juta pedagang gorengan di seluruh Indonesia.

Berikut fakta-fakta yang dirangkum dari pemberian BLT minyak goreng:

1. Besaran BLT Rp100 ribu per bulan

Presiden Jokowi menyatakan besaran BLT minyak goreng akan senilai Rp100 ribu per bulan. BLT akan diberikan selama tiga bulan, mulai April hingga Juni 2022.

"Pemerintah akan memberikan bantuan tersebut untuk 3 bulan sekaligus, yaitu April, Mei, dan Juni," kata Presiden Jokowi dalam keterangan pers virtual, Jumat, 1 April 2022.


2. BLT minyak goreng mulai disalurkan April 2022

Presiden Jokowi menyatakan BLT minyak goreng akan dibagikan mulai April 2022. BLT akan langsung diberikan untuk tiga bulan.

"BLT akan dibayarkan di muka pada April 2022 sebesar Rp 300.000," kata Presiden Jokowi.


3. Penyaluran BLT diawasi ketat TNI dan Polri

Presiden Jokowi menjelaskan, BLT diberikan kepada 20,5 juta keluarga yang termasuk dalam daftar bantuan pangan non tunai dan program keluarga harapan PKH. Selain itu, BLT akan diberikan untuk 2,5 juta PKL yang berjualan makanan gorengan.

"Kita tahu harga minyak goreng naik cukup tinggi sebagai dampak melonjaknya harga minyak sawit di pasar internasional, untuk meringankan beban masyarakat pemerintah akan memberikan BLT minyak goreng," ucapnya.

"Saya minta kementerian keuangan, kementerian sosial serta TNI dan Polri berkoordinasi agar penyaluran bantuan ini berjalan baik lancar," jelas Jokowi.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait