Usai Dimarahi Gubernur Bali, WN Rusia yang Bugil di Pohon Keramat Diusir dari RI

  • Arry
  • 7 Mei 2022 13:47
WN Rusia Alina Fazleeva dan suaminya Amdrei Fazleeva melakukan upacara adat permintaan maaf usai foto bugil di pohon keramat Bali(KMHDI Tabanan/KMHDI Tabanan)

Alina Yogi, WN Rusia yang bugil di pohon keramat Bali akhirnya meminta maaf. Permintaan maaf itu disampaikan di akun Instagramnya, @alina_yogi.

"Saya mohon maaf kepada seluruh masyarakat Bali dan Indonesia, saya menyesali perbuatan saya. Saya sangat malu, saya tidak bermaksud menyinggung Anda dengan cara apa pun, sama sekali tidak ada pengetahuan tentang tempat ini," kata WNA itu dikutip dari akun Instagramnya, Kamis, 5 Mei 2022.

Foto bugil Alina viral pada 4 Mei 2022. Menurut pengakuan Alina, foto viral itu diambil pada 1 Mei 2022.

Dalam pemeriksaan, Alina dan suaminya mengaku tidak mengetahui pohon tersebut merupakan tempat yang disucikan di Bali.

Sementara itu, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia atau PHDI Bali, I Nyoman Kenak, menyatakan aksi Alina itu telah mencemarkan kesucian pura. Bendesa adat Bayan pun juga kini harus menggelar upacara pembersihan yang wajib dihadiri WNA itu.

"Yang pasti kejadian ini sudah membuat cemar, leteh [tercemar]," kata dia.

Selain itu, Kenak juga menyoroti aksi tak terpuji WN Kanada bernama Jeffrey Douglas Craigen yang juga melakukan aksi bugil di kawasan Gunung Batur, Kintamani, Bangli, Bali.

"Kita harus ingatkan [para wisatawan terkait nilai kesucian suatu tempat di Bali)] karena alasan enggak tahu mereka lalu melakukan yang tak senonoh, tapi sebenarnya tak ada alasan mereka enggak tahu," ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait