Becanda Bawa Bom di Pesawat, Mantan Bupati Buton Selatan Diturunkan Wings Air

  • Arry
  • 16 Jun 2022 16:42
Maskapai Wings Air(lion air/lionair.co.id)

Mantan Bupati Buton Selatan, La Ode Arusani, membuat heboh saat becanda membawa bom di tasnya. Dia pun harus diturunkan dari pesawat Wings Air.

Peristiwa itu terjadi di Bandara Betoambari, Suilawesi Tenggara pada penerbangan Wings Air IW-1307 pada Selasa 14 Juni 2022. Saat itu pesawat akan terbang ke Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar di Maros, Sulawesi Selatan (UPG).

"Saat proses penumpang masuk ke kabin pesawat (boarding) penerbangan IW-1307 terdapat satu penumpang laki-laki menyampaikan jika terdapat bom pada tas barang bawaannya," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 16 Juni 2022.

Danang menjelaskan, insiden ini bermula saat pramugari meminta izin memindahkan tas milik La Ode pada kompartemen bagasi yang masih kosong. Di saat itu, La Ode becanda membawa bom di dalam tasnya.

Pramugari yang mendengar omongan La Ode Arusani langsung berkoordinasi dengan pilot dan petugas keamanan atau Avsec (Aviation Security). Saat itu, La Ode Arusani langsung diturunkan dan dibawa ke polsek setempat.

"Berdasarkan interogasi awal, penumpang mengaku hanya bercanda," ujarnya.

Pihak Wings Air pun sempat melakukan pengecekan barang di dalam pesawat. Namun tidak menemukan benda-benda yang mencurigakan.

"Hasilnya, tidak ditemukan barang atau benda dimaksud," ujar dia.

Setelah melakukan pemeriksaan barang-barang, pesawat kemudian melanjutkan perjalanan. Namun La Ode Arusani tidak diberangkatkan.

"Penumpang tersebut tidak diikutkan (offload) pada penerbangan guna pemeriksaan lebih lanjut oleh pihak berwenang," ujarnya.

Menurut Danang, penerbangan Wings Air IW-1307 berangkat membawa 4 awak pesawat dan 71 penumpang tanpa penumpang yang melontarkan candaan tersebut. Pesawat mengudara pukul 09.52 Wita dan mendarat di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin pukul 10.48 Wita.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait