Ridwan Kamil Puji Media Beritakan Eril, Singgung Soal Pemberitaan Paranormal

  • Arry
  • 16 Jun 2022 14:50
Foto-foto terakhir Emmeril Kahn Mumtadz diunggah ibunya, Atalia Praratya Kamil(@ataliapr/instagram)

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengapresiasi pemberitaan media soal putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, yang meninggal dunia.

"Media mainstream (arus utama) telah adil memberitakan Eril. Saya sangat berterima kasih," ujar Ridwan Kamil dikutip dari Antaranews, Kamis, 16 Juni 2022.

Meski demikian, Kang Emil menyinggung soal hadirnya berita-berita yang memunculkan paranormal dalam pemberitaan Eril. Hal itu pun membuat dirinya tidak berani melihat media sosial yang menyebarkan informasi hoaks soal Eril.

Hal tersebut diungkapkan Ridwan Kamil saat bertemu dengan Forum Pemimpin Redaksi Indonesia.

Artikel lainnya
Kisah Ridwan Kamil: Eril Titip Sepatu dari Spanyol untuk Masbro Satpam SMA 3 Bandung

Dalam pertemuan itu, Kang Emil menceritakan soal proses evakuasi Eril di Swiss. Menurutnya, ada skenario indah yang disiapkan Sang Pencipta untuk memberi jeda 14 hari, sejak Eril hilang hingga jasadnya ditemukan.

Mantan Wali Kota Bandung itu juga menceritakan banyak hal baik yang dilakukan Eril secara 'sunyi' semasa hidupnya. Bahkan hal itu membuatnya kaget dengan kebiasaan baik putranya itu.

"Ada sopir taksi yang mengaku pernah dibela Eril saat hendak dikeroyok," ujarnya.

Dia pun menilai banyak pembelajaran yang bisa dipetik dari perjalanan hidup Eril. "Eril sudah menjadi milik publik. Kami memiliki sebagiannya saja," kata dia.

Baca juga
Momen Ridwan Kamil, Atalia, dan Zara Melepas Eril

Ketua Forum Pemred Arifin Asydhad (Pemred Kumparan) mengungkapkan, pemberitaan di media arus utama terkait Eril masih baik dan memperhatian prinsip kode etik jurnalistik. Hanya sebagian kecil media arus utama yang mengembangkan berita dengan cara yang kurang tepat.

“Adanya pemberitaan sebagian kecil media yang tidak mengindahkan kode etik ini salah satunya disebabkan karena ekosistem media saat ini yang mementingkan klik dan views. Ini menjadi tantangan dan introspeksi untuk terus dibenahi,” kata Arifin.

Eril hilang terseret arus Sungai Aare pada 26 Mei 2022. Jasadnya baru ditemukan dua pekan kemudian, atau pada 8 Juni 2022.

Eril kini sudah dimakamkan di pemakaman keluarga di Cimaung, Kabupaten Bandung, pada Senin 13 Juni 2022.

 

Baca juga

 

Berita Terkait