Catat, Ini Daftar Kendaraan yang Bakal Dilarang Minum Pertalite

  • Arry
  • 30 Jun 2022 20:38
Mengisi BBM(@Engin_Akyurt/pixabay.com)

Pemerintah tengah membatasi penjualan Pertalite dan Solar. Kini, untuk membeli dua BBM bersubsidi itu, pengguna harus mendaftar di MyPertamina, baik via aplikasi maupun daftar melalui link.

Pemerintah, melalui Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi atau BPH Migas, kini tengah menggodok aturan kriteria kendaraan roda empat atau roda dua yang nantinya boleh menggunakan Pertalite atau Solar.

Anggota Komite BPH Migas, Saleh Abdurrahman, menjelaskan, berdasarkan hasil kajian, kendaraan roda empat yang bakal dilarang mengonsumsi Pertalite adalah yang memiliki kapasitas mesin di atas 2.000 cc.

Baca juga
Cara Daftar MyPertamina Untuk Beli Pertalite dan Solar

"Yang sudah dikaji, yang tidak boleh adalah kategori mobil mewah yaitu 2.000 cc ke atas," kata Saleh, dikutip dari Liputan6, Kamis, 30 Juni 2022.

Sementara kendaraan roda dua yang bakal dilarang mengonsumsi Pertalite adalah yang memiliki kapasitas mesin di atas 250cc.

Baca juga
Daftar 11 Wilayah yang Uji Coba Beli Pertalite dan Solar Pakai MyPertamina

Berdasarkan kriteria tersebut, merek mobil yang bakal dilarang minum Pertalite antarra lain Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, Toyota Alphard, dan Mazda CX-5.

Sementara motor yang bakal dilarang mengonsumsi Pertalite adalah XMax, CBR250RR, Kawasaki Ninja 250 FI, Yamaha R25, dan Honda CRF 250 Rally, serta deretan motor gede (moge) dengan kapasitas di atas 400cc.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait