Tarif Listrik Naik, Begini 4 Cara Mudah Cek Tagihan Biar Tak Bablas

  • Arry
  • 2 Jul 2022 13:53
Saluran listrik tegangan tinggi(@Andrey Metelev/unsplash)

Pemerintah resmi menaikkan tarif listrik. Pelanggan rumah tangga yang tarif listriknya dinaikkan adalah untuk golongan yang memiliki daya di atas 3.500 VA.

Kini, untuk mengecek tagihan listrik bisa dilakukan dengan mudah. Cukup lewat ponsel pintar Anda bisa langsung melihat tagihan listrik rumah Anda.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 4 cara mudah untuk cek tagihan listrik:

1. Cek tagihan listrik lewat Aplikasi PLN Mobile

PLN telah mengeluarkan aplikasi resmi yang bisa diakses lewat ponsel Android maupun iOS. Berikut carra cek tagihan listrik lewat aplikasi PLN Mobile:

  • Unduh aplikasi PLN Mobile di toko aplikasi
  • Buka aplikasi PLN Mobile
  • Pilih menu Informasi pada Menu
  • Selanjutnya, pilih menu Informasi Tagihan dan Token Listrik
  • Masukkan ID Pelanggan atau Nomor Meteran
  • Klik Cari
  • Status tagihan listrik akan muncul di aplikasi


2. Cek tagihan listrik lewat email

Selain lewat aplikasi, Anda juga dapat mengetahui tagihan listrik lewat email atau surat elektronik. Untuk mendapatkan email e-billing PLN, Anda cukup mendaftarkan di e-billing PLN. Caranya bisa langsung daftar pada website PLN.

Baca juga
Tarif Listrik Naik, Cek Besarannya di Sini


3. Cek tagihan listrik lewat panggilan telepon

Untuk cek tagihan listrik lewat sambungan telepon, caranya sangat mudah. Anda cukup menghubungi customer service PLN di nomor (kode area) 123. Selanjutnya, anda tinggal menyebut nomor pelanggan PLN ke petugas Call Center PLN. Layaan ini siap dalam 24 jam.


4. Cek tagihan listrik via SMS

Selain telepon, Anda juga bisa cek tagihan listrik dengan menggunakan SMS. Untuk cara ini, Anda akan dikenakan tarif SMS Rp 500 tiap permintaan informasi tagihan listrik.

Ada dua metode yang bisa dilakukan, yakni cek tagihan listrik per bulan, anda hanya akan menerima informasi tagihan listrik sekali saja.

Metode kedua, cek tagihan listrik secara berlanjut, artinya, setiap bulannya Anda akan terus dikirim SMS yang berisi tagihan listrik.

Cara Cek Tagihan Listrik per Bulan:
Kirim sms dengan format REK (spasi) No ID Pelanggan, kirim ke 8123. Misalnya, REK 8990987689 kirim ke 8123.

Cara Berlangganan Pemberitahuan Informasi Tagihan Listrik:
Kirim sms dengan format PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123. Misalnya, PLN ON 987323847361 kirim ke 8123.

Cara Berhenti Berlangganan Pemberitahuan Informasi Tagihan Listrik:
Selain mendaftar, Anda juga bisa berhenti berlangganan pemberitahuan tagihan listrik. Caranya, kirim sms dengan format PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123. Misalnya, PLN OFF 987323847361 kirim ke 8123.

 

Artikel lainnya

 

Berita Terkait