Nama Kapitan Pattimura: Thomas Matulessy atau Ahmad Lussy? Begini Kisahnya

  • Arry
  • 5 Jul 2022 15:23
Fakta Kapitan Pattimura(ist/ist)

Nama Kapitan Pattimura kini menjadi bahan diskusi publik. Asal usul nama pahlawan asal Maluku menjadi perdebatan. Ada dua versi nama asli Kapitan Pattimura: Thomas Matulessy dan Ahmad Lussy. Mana yang benar?

Dilansir dari buku Mengenal Pahlawan Indonesia (2010) oleh Arya Ajisaka, Pattimura disebut memiliki nama asli Thomas Matulessy. Dia anak dari pasangan Frans Matulessy dan Fransina Silahoi.

Dalam buku itu disebutkan, Pattimura lahir di Saparua, Maluku pada 8 Juni 1783. Dia disebut memiliki darah bangsawan lantaran memiliki keturunan Raja Sahulau, sebuah kerajaan di Teluk Seram Selatan.

Baca juga
Heboh Ceramah Ustaz Adi Hidayat Soal Nama Asli Pattimura: Ahmad Lussy

Dalam buku biografi Kapitan Pattimura, Pahlawan Nasional karangan IO Nanalaitta, Thomas Matulessy disebut sebagai pemuda Kristen.

"Keluarga Matulessia beragama Kristen Protestan. Nama Thomas diambil dari Alkitab," tulis Nanalaitta.

Dalam buku itu disebutkan, Thomas Matulessy diangkat sebagai panglima perang untuk menghadapi Belanda dilakukan pada Proklamasi Haria pada 29 Mei 1817. Proklamasi itu diucapkan sebagai bentuk protes kekejaman Belanda. Tanggal itu pun diperingati sebagai dimulainya pertempuran yang dilakukan Pattimura.

Pemberontakan Pattimura itu pun berakhir pada 16 Desember 1817. Pattimura kemudian digantung di sekitar benteng Victoria, Ambon.


Versi Pattimura beragama Islam >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait