Ratu Elizabeth II Mangkat, Charles Jadi Raja Baru Inggris

  • Arry
  • 9 Sep 2022 06:24
Ratu Elizabeth II meninggal dunia, putranya Charles akan naik takhta menajdi Raja Charles III(ist/ist)

Ratu Elizabeth II mangkat di usia 96 tahun. Kabar ini dikonfirmasi langsung Kerajaan Inggris.

Ratu Elizabeth meninggal pada Kamis, 8 September 2022 petang waktu setempat atau Jumat, 8 September 2022 dini hari WIB.

Ratu Elizabeth meninggal dunia di Kastil Balmoral, suatu tempat favorit bagi Elizabeth. Dan di tempat ini, dia mengembuskan nafas terakhirnya.

Ratu Elizabeth II meninggal dunia

Berdasarkan profil resmi di situs Royal.co.uk, Elizabeth lahir di London pada 21 April 1926. Dia adalah putri dari Pangeran George dan Elizabeth. Saat kecil, Elizabeth dikenal dengan nama Lilibeth.

Baca juga
Kesehatan Ratu Elizabeth II Menurun, Keluarga Merapat ke Kastil Balmoral

Elizabeth sebenarnya bukanlah penerus utama takhta Kerajaan Inggris. Namun, tugas itu harus dia emban lantaran pamannya, Raja Edward memilih meninggalkan Kerajaan untuk menikahi kekasihnya yang berasal dari Amerika Serikat.

Dengan kejadian ini, Pangeran George naik takhta dan mendapat gelar Raja George VI. Elizabeth pun kemudian naik takhta menjadi Putri Mahkota.

Pada 1952, Raja George VI meninggal dunia. Elizabeth pun kemudian baik takhta. Dia mendapat gelar sebagai Ratu Elizabeth II.

Ratu Elizabeth II menikah dengan Pangeran Philip. Mereka kemudian dikaruniai empat anak yakni : Charles, Anne, Andrew, dan Edward.

"Kematian ibunda tercinta Yang Mulia Ratu, adalah momen kesedihan terbesar bagi saya dan seluruh anggota keluarga saya," keterangan dari Pangeran Charles yang disampaikan secara resmi oleh Kerajaan Inggris.

"Kami sangat berduka atas meninggalnya Sang Penguasa yang disayangi dan Ibu yang sangat dicintai. Saya tahu kehilangannya akan sangat dirasakan di seluruh negeri, Persemakmuran, dan oleh banyak orang di seluruh dunia," ujarnya.

Pangeran Charles Jadi Raja Inggris Bergelar Charles III

Melansir Newsweek, dengan mangkatnya Ratu Elizabeth, maka Charles, sebagai anak pertama secara otomatis akan menjadi Raja Inggris dengan gelar Charles III.

Hal tersebut didasarkan pada hukum Inggris dalam Bill of Rights pada tahun 1689 dan Act of Settlement pada tahun 1701.

Raja Charles sudah tiga kali menjadi penguasa Inggris. Raja Charles I berkuasa pada 1625.

Setelah Charles I mangkat, posisinya diganti putra sulungnya, yakni Raja Charles II. Dia adalah sosok yang sukses mengembalikan monarki Inggris. Selain itu, Charles II dikenal sebagai raja yang memiliki sikap flamboyan.

Dan setelah ratusan tahun Charles menjadi raja lagi. Kini penguasa Inggris dipegang oleh Raja Charles III. Dia pun menjadi raja tertua yang naik takhta. Saat ini usia Charles sudah 73 tahun.

Dengan naiknya Charles menjadi Raja, maka putranya, William menjadi Putra Mahkota dan mendapat gelar Prince of Wales alias Pangeran Wales.

Williams pun dinobatkan sebagai Raja Inggris selanjutnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait