Letjen TB Silalahi Meninggal Dunia di Usia 85 Tahun

  • Arry
  • 14 Nov 2023 10:36
Mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Letjen TNI Purn TB Silalahi meninggal dunia(ist/ist)

Letjen TNI Purn Dr TB Silalahi meninggal dunia. Pria bernama lengkap Tiopan Bernhard Silalahi itu mengebuskan nafas terakhir di usia 85 tahun.

Kabar duka ini dikonfirmasi staf, ajudan, dan dokter beliau selama 13 tahun, dr Tota Manurung. Menurutnya, Letjen TB Silalahi meninggal dunia pada Senin, 13 November 2023 pukul 20.19 WIB.

"Pada malam ini pukul 21.58 WIB, saya ditelpon Serma Sunarto, ajudan Pak TB Silalahi yang menginformasikan bahwa Pak TB telah meninggal dunia di rumah sakit di Jakarta. Beliau tutup usia 85 tahun," ujar dr Tota Manurung dalam keterangannya.

Tota Manurung mengenang, TB Silalahi sebagai sosok yang cerdas, keras, dan konsisten. Almarhum juga adalah seorang nasionalis sejati.

"Selama 13 tahun menjadi staf, ajudan, dokter beliau, dia adalah guru saya, mentor yang cerdas, keras, dan konsisten. Dia seorang nasionalis sejati sekaligus putra Batak Toba yang sangat mencintai Tanah Batak. Visi beliau soal pendidikan dan pengembangan SDM Batak sangat visioner," jelasnya.

Menurutnya, sebelum almarhum meninggal dunia, mereka sempat berkomunikasi yakni pada 7 November. Saat itu mereka membhas soal perpolitikan Indonesia.

Untuk diketahui, Letjen TB Silalahi lahir di Pematang Siantar, 17 April 1938. Dia adalah mantan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara pada Kabinet Pembangunan VI.

TB Silalahi adalah lulusan Akademi Militer Nasional (AMN) tahun 1961. Jabatan terakhirnya di militer adalah Asisten I Kasad dengan pangkat Mayor Jenderal, tahun 1988.

Artikel lainnya: Piala Dunia U-17: Arkhan Kaka Cetak Gol Lagi, Indonesia vs Panama 1-1

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait