Protes Konversi Gas ke Kompor Induksi, Mulan Jameela Didukung Emak-emak

  • Arry
  • 23 Sep 2022 20:37
Anggota DPR dari Fraksi Gerindra Mulan Jameela(dpr/dpr.go.id)

Mulan Jameela protes rencana pemerintah melakukan konversi kompor gas LPG ke kompor listrik. Anggota Komisi VII DPR dari Fraksi Partai Gerindra itu menilai kebijakan itu terlalu dipaksakan.

Hal tersebut disampaikan Mulan Jameela saat rapat antara Komisi VII DPR dan Ditjen ILMATE Kementerian Perindustrian.

"Urusan program ini adalah program kebijakan PLN dengan bapak presiden tapi saya lihat sepertinya terlalu buru-buru gitu. Kok mendesak banget," kata Mulan Jameela dikutip dalam video yang dikutip Jumat, 23 September 2022.

"Ini benar-benar apa ya, menimbulkan masalah lagi," sambungnya.

Mulan pun menceritakan pengalamannya menggunakan kompor listrik. Menurut istri musisi Ahmad Dhani itu kompor listrik tidak cocok dipakai untuk memasak menu lokal Indonesia.

"Ini saya jujur ya, kapasitas saya sebagai anggota dewan dan sebagai emak-emak. Kami di rumah aja punya kompor listrik tetap tak bisa lepas dari yang gas, karena masakan Indonesia ya beda bukan masakan orang bule yang pancinya ya seukuran gitu aja," ujar Mulan.

"Masyarakat yang kekurangan daya listriknya kan 450 VA, ini kebutuhannya 1.200-1.800 watt, gede sekali," ungkap Mulan.

"Jadi saya juga ada pengalaman ini saya punya rumah di Cisarua. Saya punya kompor listrik di sana, karena listrik enggak stabil kayak di kota itu kompornya rusak. Padahal, enggak di-apa-apain cuma karena listrik nggak stabil," ungkapnya.

Mengenai kebijakan ini, PLN mengklaim bisa menghemat APBN hingga Rp330 miliar hingga Rp16,8 triliun per tahun.


Didukung emak-emak

Kritik pedas Mulan Jameela ini pun mendapat dukungan dari netizen, khususnya emak-emak. Mereka mengungkapkan bahwa peralatan masak yang selama ini dipakai juga harus diganti.

"Mulan Jameela benar. Kompor induksi butuh alat masak khusus dan alasnya datar (bukan wajan cekung khas Asia), lbh lama panas dan biaya listriknya gak becanda," tulis @lyndaibrahim.

"Yg sok mencela di reply ini malah ketauan gak pernah punya kompor induksi," lanjut dia.

"Ini yg julid sama Mulan, pada sok tau ya. Gak pernah pake kompor listrik pasti. Ganti kompor = ganti semua alat masak. Wajan biasa gak bisa dipake loh," cuit Ligwina Hananto.

"Waktu kecil tinggal di Sulsel, rumah gw pake kompor listrik. Kl mati lampu, ngungsi ke kompor gas di kolong rumah. (fasilitas tempat bokap kerja, gak usah dibayangin, emang beda aja)," lanjut Ligwina dalam akun @mrshananto.

"Skrg di rumah pake kompor induksi. Sesudah ada kejadian kompor meledos belum renov lg," cuitnya lagi.

"Nasi gorengnya rasanya pasti beda," cuit netizen lain.

"Bikin rendang di kompor listrik, auto jebol tagihaaannn," ujar netizen lain.

 

Artikel lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait