126 Mahasiswa IPB Terjerat Pinjol, Kerugian Hingga Rp2,3 Miliar

  • Arry
  • 15 Nov 2022 18:14
Institut Pertanian Bogor alias IPB(ipb/ipb.ac.id)

Sebanyak 321 korban dengan 126 diantaranya mahasiswa Institut Pertanian Bogor atau IPB menjadi korban pinjaman online. Nilainya mencapai Rp2,3 miliar.

Laporan ini disampaikan Silvia Nuraeni, mahasiswa IPB yang menjadi korban. Menurutnya, tiap mahasiswa terjerat pinjol ini hingga puluhan juta rupiah.

"Kita yang lapor 11 orang kemarin ke polisi dari kelompok kita. Peristiwanya ada yang di Kabupaten ada yang di Kota Bogor. Kita laporan di Polresta," kata Silvia Nuraeni.

Silvia menjelaskan, penipuan ini bermula saat mahasiswa IPB hendak mencari sponsor untuk melakukan kegiatan. Saat itu, salah seorang senior mereka memperkenalkan sesorang bernama Aisyah yang menyatakan siap memberikan uang cuma-cuma.

Baca juga
Tips Cara Mudah Mengecek Pinjol Ilegal Via WhatsApp

Namun, Aisyah, yang diketahui sebagai salah seorang pelaku, memberikan syarat bagi para mahasiswa yakni harus membeli barang di toko miliknya yang tersedia berbagai Platform E-commerce seperti shopee, tokopedia, bukalapak, Akulaku.

"Ditawarin project sama kakak leting kita yang agar ikut project ini uangnya lumayan, kita dikenalin sama pelaku ini namanya Aisyah dan kita ketemuan dengan Aisyah," kata Silvia.

Menurut Silvia, para korban kemudian dibuatkan akun pinjaman online yang terhubung ke e-commerce dan kemudian membeli sebuah laptop. Alamat penerima laptop kemudian diatur Aisyah. Dari transaksi itu, dia dijanjikan uang 10 persen.

"Tata caranya cara membayarnya. Kita diarahin buat membeli barang dia akun shopee (yang membayarnya melalui aplikasi pinjol). Jadi kalau misalnya pinjaman buat belanjanya tiga juta, saya dapat 300 ribu. Uang 300 itu juga dipakai buat mendanai kegiatan mahasiawa," ujarnya.

Baca juga
Mahfud MD Usul Korban Pinjol Ilegal Tak Usah Bayar Utangnya

Satu bulan kemudian, lanjut Silvia, muncul kabar ada sejumlah korban yang tidak dibayarkan pinjamannya oleh Aisyah. Termasuk tagihan pinjaman sebesar Rp14 juta.

"Kita langsung berniat membuat laporan ke polisi karena kita merasa ditipu. Dia selalu mengundur-ngundur waktu untuk pembayarannya. Bulan depan bulan depan dan tidak dibayar sampai sekarang. Dan ini sudah berjalan selama 3 bulan dari bulan Agustus, September sampai bulan November ini. Belum ada pembayaran sama sekali dari Aisyah nya. Akun saya belum dibayar," kata Silvia.

Menurut Silvia, para mahasiswa yang menjadi korban kini dibantu Karukunan Warga Bogor (KWB). Dari laporan yang diterima, korban ternyata tak hanya berasal dari mahasiswa IPB saja. Tetapi ada juga dari pihak lain.

Diketahui ada sebanyak 321 korban yang melapor. Dan 126 diantaranya adalah mahassiwa IPB dengan total uang yang dipinjam sebesar Rp 2.382.289.017.

"Debt collector terus nagih tapi belum ke rumah. Ada beberapa yang sudah ke rumah diteror dari chat. Ada yang didatangin. Aisyah tidak tahu di mana tapi masih bisa dihubungi sama kita," tuturnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait