Pulau Misterius Muncul di Kepulauan Tanimbar Mlauku Usai Gempa Dahsyat M 7,5

  • Arry
  • 11 Jan 2023 09:22
Pulau misterius muncul di Kepulauan Tanimbar Maluku usai gempa magnitudo 7,5(ist/istimewa)

Sebuah fenomena aneh terjadi di Kepulauan Tanimbar, Maluku, usai gempa bumi besar berkekuatan magnitudo 7,5. Sebuah pulau misterius tiba-tiba muncul di daratan.

Kemunculan pulau misterius ini diketahui oleh warga Desa Teniman, Wuarlabobar, Kepulayan Tanimbar, Maluku. Pulau tersebut seperti tumpukan lumpur yang bercampur batu karang di permukaan laut.

"Tumpukan lumpur bercampur batu karang ini ada setelah gempa bumi, jadi kami juga takut," kata Kepala Desa Teineman, Bojes, dalam video wawancaranya, seperti dikutip Rabu, 11 Januari 2023.

Menurutnya, pulau tersebut sebelumnya belum pernah ada hingga terjadinya gempa M 7,5 pada Selasa, 10 Januari dini hari WIB.

Bojes menjelaskan, peristiwa ini membuat warga panik dan mengungsi ke lokasi yang lebih aman.

"Alternatif yang saya ambil adalah mengarahkan semua masyarakat saya mengungsi sementara waktu. Karena kejadian aneh ini mengakibatkan seluruh masyarakat ketakutan," ujarnya.

BNPB menjelaskan dampak gempa Magnitudo 7,5 menyebabkan 92 unit rumah di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, rusak.
"Delapan tempat tinggal di antaranya mengalami kerusakan berat," kata Plt Kapusdatin BNPB Abdul Muhari dalam keterangan tertulis.

"Di samping tempat tinggal, identifikasi kerusakan fasilitas umum terjadi pada kantor bupati dan tribun lapangan Mandriak di Desa Sifnana, Kecamatan Tanimbar Selatan," ucap Abdul.

"Sebanyak 9 rumah warga rusak berat, sedangkan 23 lainnya rusak ringan. Selain itu, 2 fasilitas pendidkan mengalami rusak berat," ucap Abdul.

"Sebagian besar kerusakan di Kabupaten Maluku Barat Daya berada di Desa Watuwei dan Letmasa, Kecamatan Dawelor Dawera," lanjut dia.

"Sementara itu, 1 warga di Dusun Romnus, Kecamatan Wuarlabobar, Kecamatan Tanimbar Selatan, mengalami luka-luka," ucap Abdul.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait