Gunung Kerinci dan Gunung Marapi di Sumatera Meletus

  • Arry
  • 11 Jan 2023 10:18
Gunung Kerinci meletus(pvmbg/magma.esdm.go.id)

Gunung Kerinci dan Gunung Marapi meletus, Rabu, 11 Januari 2023. Dua gunung itu berada di Jambi dan Sumatera Barat di Pulau Sumatera.

Gunung Kerinci meletus pada pukul 05.46 WIB. Tinggi kolom letusan teramati sekitar 900 meter di atas puncak.

Gunung Kerinci merupakan gunung api tertiggi di Asia Tenggara. Gunung ini memiliki ketinggian 3.805 meter.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBG menyatakan abu vulkanik letusan Gunung Kerinci terpantau mengarah ke timur laut dan timur.

PVMBG merekomendasikan masyarakat di sekitar Gunung Kerinci dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendaki kawah yang ada di puncak dalam radius 3 kilometer.

"Sebaiknya jalur penerbangan di sekitar Gunung Kerinci dihindari karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan," jelas PVMBG dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga
Gunung Marapi Meletus Semburkan Abu Vulkanik 1.500 M, Nasib 40 Pendaki Dipertanyakan

Usai Gunung Kerinci Meletus, Gunung Marapi yang berada di Sumatera Barat juga meletus. Gunung setinggi 2.891 meter itu meletus pukul 08.25 WIB dan 09.41 WIB.

Gunung Marapi di Sumatera Barat meletus

Pada letusan kedua, tinggi kolom letusan teramati setinggi 500 meter di atas puncak. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah utara dan timur laut.

"Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 13.2 mm dan durasi 31 detik," tulis keterangan PVMBG.

"Masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendaki Gunung Marapi pada radius 3 kilometer dari kawah puncak," jelas PVMBG.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait