Trah Jokowi, Kaesang Akhirnya Bakal Terjun ke Politik

  • Arry
  • 24 Jan 2023 13:38
Kaesang Pangarep dan ayahnya, Joko Widodo(@kaesangp/instagram)

Satu lagi keturunan Presiden Joko Widodo terjun ke dunia politik. Usai putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka; dan menantunya Bobby Nasution masuk politik, kini giliran Kaesang Pangarep.

Niat Kaesang terjun ke politik diungkapkan Gibran. Wali Kota Solo itu pun kaget adiknya bakal ikut ke politik saat berbincang dengan ayahnya, Jokowi.

"Mungkin kemarin yang kita bicarakan di meja makan itu malah Kaesang. Kaesang kemarin, aku yo kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke saya ke bapak ada ketertarikan di politik," kata Gibran, Selasa, 24 Januari 2023.

Meski demikian, Gibran mengaku belum tahu langkah adiknya. Apakah akan langsung terjun di Pemilu 2024 atau tidak.

Baca juga
Erick Thohir Daftar Jadi Calon Ketum PSSI, Diantar Kaesang Hingga Raffi Ahmad

"Nggak tahu (2024) ya kan saya baru dengar kemarin," ujarnya.

Gibran menelaskan, keputusan Kaesang itu pun membuat kaget ayahnya. Sebab, adik bungsunya itu tidak pernah sama sekali membahas masalah politik.

"Ya intinya masih tanya-tanya, tapi memang kemarin dirinya menyatakan pengin gitu. Kan kemarin kita ajak juga ke Solo Safari, Solo Trecknopark, Ngarsopuro, ternyata bisa gitu," bebernya.

"Pokoknya ada ketertarikan untuk ikut membantu dan membangun," ujarnya.

Menurut Gibran, Kaesang memiliki kemampuan untuk ke politik. Hal itu lantaran suami Erina Gudono itu pandai dalam hal manajemen.

Baca juga
Kaesang Pangarep Kena PHP Lion Air, Maskapai Buka Suara

Gibran mencontohkan kinerja adiknya itu saat mengurus Persis Solo. Menurutnya, Kaesang berhasil membawa tim sepakbola kebanggaan warga Solo itunaik kasta ke Liga 1. Selain itu, Kaesang juga berani mengusulkan kongres luar biasa PSSI.

"Kalau tak lihat ya, misalnya Persis Solo yang kerja keras Kaesang, kayak kemarin KLB (Kongres Luar Biasa) terus yang sampai sekarang intens sekali di situ dan saya kira Kaesang mampu lah ya kalau tak lihat mampu karena dia mudeng (paham) manajemen," kata Gibran kepada wartawan di Balai Kota Solo, Selasa (24/1/2023).

"Dia (Kaesang) cah enom (anak muda) tapi belajar cepat," kata putra sulung Jokowi itu.

Gibran mengaku tidak pernah mendorong Kaesang sebagai politikus. "(Mendorong) Nggak, ora. Aku ora tau mendorong. Dorong Kaesang malah oleh saingan," ungkapnya.

Baca juga: Kisah Petugas Kebersihan Stasiun Tugu Yogyakarta Kembalikan Tas Berisi Duit Rp44 Juta

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait