Bola Cahaya Misterius Melayang di Puncak Gunung Merapi, BPPTKG Beri Peringatan

  • Arry
  • 26 Jan 2023 18:45
Bola cahaya misterius melayang di atas puncak Gunung Merapi(tagana diy/tagana)

Sebuah bola cahaya misterius melayang di atas puncak Gunung Merapi. Peristiwa tersebut terekam kamera CCTV yang videonya viral di media sosial.

Bola cahaya misterius itu melayang pada Kamis, 26 Januari 2023 sekitar pukul 01.24 WIB. Dalam video yang beredar, bola tersebut awalnya tampak besar dan kemudian mengecil dan terus berpendar.

Peristiwa itu terekam kamera CCTV Taruna Siaga Bencana Daerah Istimewa Yogyakarta dan kamera CCTV di Pos Jrakah.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menyatakan belum bisa memastikan bola misterius itu.

"Kami tidak memiliki kapabilitas untuk mengamati benda langit seperti fenomena itu sehingga kami tidak bisa memastikan benda apa yang terlihat dalam video tersebut," kata Kepala BPPTKG Agus Budi Santoso.

Agus hanya memberikan peringatan bahwa aktivitas vulkanik Gunung Merapi saat ini cukup tinggi. Yakni terjadi erupsi efusif yang ditandai dengan aktivitas pertumbuhan kubah lava, pembentukan guguran, dan awanpanas guguran. Tingkat aktivitas masih Siaga.

Meski demikian, Agus meminta agar masyarakat tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari sumber terpercaya.

"Masyarakat diimbau untuk tetap tenang, tidak panik, dan selalu mengikuti informasi dari sumber yang terpercaya," kata dia.

Baca juga: Gunung Es Seluas Kota London Pecah di Antartika

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait