Gunung Es Seluas Kota London Pecah di Antartika

  • Arry
  • 26 Jan 2023 10:31
Gunung es di Antartika pecah, luasnya mencapai Kota London(British Antarctic Survey/twitter)

Sebuah gunung es di Antartika pecah. Gunung es itu memiliki ketebalan 150 meter dan luas total 1.550 kilometer persegi atau seluas Kota London, Inggris.

Gunung es ini adalah salah satu bagian dari beting Es Brunt. Sejumlah ilmuwan asal Inggris yang tengah melakukan riset diketahui tinggal di dekat gunung tersebut dilaporkan selamat.

Melansir BBC, Kamis, 26 Januari 2023, retakan gunung es ini sudah diteliti para ilmuwan itu di Stasiun Penelitian Halley dan tim British Antarctic Survey.

Profesor Dame Jane Francis, Direktur BAS, mengatakan, berdasarkan penelitian yang dilakukan, retakan di gunung es itu terus membesar dalam satu dekade terakhir. Pengukuran retakan itu dilakukan dengan menggunakan instrumen automated network of high-precision GPS.

Baca juga
Fenomena Awan Berbentuk UFO Bikin Gempar Warga

“Alat ini mengukur bagaimana beting es berubah bentuk dan bergerak, dan dibandingkan dengan citra satelit dari ESA, NASA dan satelit Jerman TerraSAR-X,” kata dia.

Gunung es di Antartika seluas kota London pecah

Peneliti pun memastikan fenomena patahnya gunung es itu bukan karena perubahan iklim. Melainkan terjadi secara alami.

“Tim sains dan operasional kami terus memantau beting es secara real-time untuk memastikan keamanannya.”

Peristiwa pecahnya gunung es pernah terjadi pada 2018. Saat itu sebuah gunung es bernama A68 pecah menjadi beberapa bagian.

Baca juga
Kodok Monster Raksasa Bikin Gempar Australia, Langsung Disuntik Mati

Pecahan es itu memiliki luas 6.000 km persegi, atau lebih luas dari Pulau Madura.

"Gunung es mewakili sekitar 50% dari hilangnya massa es Antartika, yang terjadi ketika mereka terlepas dari lapisan es," kata Alex Huth, dari Univ. Princeton, penulis utama studi di jurnal Science Advance.

"Saat mereka hanyut, mereka menyimpan air lelehan jauh dari lapisan. Ini dapat mempengaruhi sirkulasi laut dengan membuat stratifikasi kolom air dan pada dasarnya dapat menyuburkan lautan dengan besi karena mereka adalah sumber sedimen dari Antartika, yang dapat menyebabkan peningkatan dalam fitoplankton.”

Baca juga: Resep Kue Keranjang Goreng, Renyah dan Gurih Cocok Jadi Teman Minum Teh

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait