Heboh Penampakan Matahari Kembar di Mentawai Sumbar, Ini Penjelasan BMKG Soal Sun Dog

  • Arry
  • 24 Feb 2024 16:29
Ilustrasi Matahari Terbenam(@tinchofranco/unsplash)

Sebuah video memperlihatkan penampakan dua matahari di Kepualuan Mentawai, Sumatera Barat, viral di media sosial. Peristiwa itu terjadi pada Kamis, 22 Februari 2024.

Video ini viral di sejumlah media sosial. Salah satu yang mengunggahnya adalah @ombak_ebay_mentawai.

Dalam video itu terlihat dua orang tengah dalam perahu di laut. Mereka mengabadikan fenomena langka ini dengan smartphone.

"Mataharinya ada Dua.. Tanda-tanda.." tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

Fenomena dua matahari alias sun dog

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Padang Panjang, Ahadi Suadi, mengatakan, fenomena alam ini adalah peristiwa optikal atmosfer. Ada dua jenis peristiwa itu, yakni halo matahari dan sun dog. "Ada dua jenis fenomena optikal atmosfer ini," ucapnya.

Ahadi menjelaskan, fenomena halo matahari adalah peristiwa muncul pelangi mengitari matahari. Pelangi itu muncul akibat adanya hujan tipis di atasnya.

Sedangkan fenomena sun dog atau parhelion adalah sebuah peristiwa yang muncul akibat adanya pencerminan dari matahari akibat awan tinggi yang kemudian memantulkan sinar matahari.

Baca juga
Fenomena Langka Air Laut di Perairan Gunungkidul Terbelah Jadi 2 Warna

"Seolah-olah terlihat seperti ada dua matahari, tetapi yang sebenarnya hanyalah sebuah pantulan dari efek optikal atmosfer yang terjadi," ucapnya sambil menegaskan, "Matahari itu tetap satu."

Menurut Ahadi, fenomena sun dog ini bahkan bisa memperlihatkan 7 matahari sekaligus. Kejadian ini biasanya terjadi di negara yang dekat dengan kutub.

"Sun dog adalah sebuah fenomena yang bisa terjadi kapan saja dan berkemungkinan berapa kali terjadi dalam satu tahun, tidak bisa diprediksi," kata Ahadi.

Menurutnya, melihat fenomena sun dog adalah sebuah keberuntungan bagi masyarakat Indonesia. "Sebab jarang sekali terjadi," ujarnya.

Artikel lainnya: Caleg Artis yang Sempat Bingung Visi Misi, Raup Ribuan Suara dan Berpeluang ke DPRD

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait