Fenomena Langka Air Laut di Perairan Gunungkidul Terbelah Jadi 2 Warna

  • Arry
  • 22 Feb 2023 10:46
Fenomena langka air laut berbeda warna di perairan Gunungkidul, Yogyakarta(@updatedisini/instagram)

Sebuah fenomena langka terjadi di perairan Gunungkidul, Yogyakarta. Air laut di lepas Pantai Baron terbelah menjadi dua warna, biru dan cokelat.

Fenomena langka itu viral di media sosial. Pengunggah video itu merekam kondisi laut beda warna itu saat menaiki perahu kayu.

"Penampakan Air Laut Dua Warna Di Perairan Gunungkidul," tulis akun Instagram @updatedisini, dikutip Rabu, 22 Februari 2023.

"Fenomena ini merupakan pertemuan antara air laut dan air tawar dari sungai bawah tanah di pantai baron," lanjut keterangan video di akun tersebut.

Fenomena langka air laut dua warna di perairan Gunungkidul

Video itu direkam Sekretaris Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi II Pantai Baron, Surisdiyanto pada Jumat 17 Februari 2023 sekitar pukul 14.00 WIB.

"Itu yang merekam saya, pas kebetulan ikut nelayan menebar jala, sekaligus melakukan pemantauan kondisi air laut," kata Suris dikutip dari kompas.com.

Baca juga
Air Laut Pantai Pangandaran Surut Usai Gempa Cianjur, Ini Penjelasannya

"Saat itu air laut di sisi selatan bening atau berwarna biru dan sisi utara itu airnya berwarna coklat," kata Suris.

Menurutnya, kondisi air terbelah ini terjadi hingga Minggu 19 Februari 2023. "Saat ini warnanya masih terbelah, tetapi memang sudah tipis. Kondisi jelas itu sampai hari Minggu kemarin," kata dia.

"Saat intensitas hujan di kawasan utara tinggi, sungai bawah tanah yang bermuara di pantai Baron meluap maka ya seperti itu. Sebenarnya itu malah jadi unik, dan fenomena yang tidak dijumpai di kawasan lain kan," kata dia.

Artikel lainnya: Hukuman Richard Eliezer Direkomendasikan Dikurangi Lagi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait