Viral Pesan Mbah Maridjan: Usir Semua Alat Berat dari Gunung Merapi, Kalau Tidak...

  • Arry
  • 13 Mar 2023 09:29
Almarhum Mbah Maridjan, juru kunci Gunung Merapi(ist/ist)

Gunung Merapi erupsi sepanjang akhir pekan kemarin. Luncuran awan panas yang disertai hujan abu membuat masyarakat was was. Kini beredar pesan dari Mbah Maridjan terkait erupsi Gunung Merapi.

Mbah Maridjan telah meninggal akibat letusan Gunung Merapi pada 2010. Namun, pesan juru kunci Gunung Merapi itu pada 2006 kembali viral.

Mbah Maridjan sudah memberikan pesan kepada para pemimpin daerah yang bersinggungan dengan Gunung Merapi agar menjaga lingkungan. Empat pemimpin daerah itu diinta menjaga lingkungan agar Merapi tidak marah.

Baca juga
Gunung Merapi Masih Muntahkan Awan Panas, Luncuran Wedhus Gembel Hingga 2,5 Km

Keempat daerah yang disinggung Mbah Baridjan adalah Magelang, Sleman, Klaten, dan Boyolali. Dalam pesannya, Mbah Maridjan menyatakan penambangan pasir yang berlebihan sampai merusak alam akan menimbulkan dampak bencana.

Dia pun meminta kepada manusia agar tidak serakah dan memanfaatkan hasil alam dengan cukup. Serta tidak merusaknya.

“Nanti lagi, pantangannya Merapi supaya tidak ‘marah’ itu alat berat-alat berat jangan sampai merusak daerah Jogja.” kata Mbah Maridjan yang terekam dalam video viral tersebut.

“Kalau daerah Klaten saya tidak tahu, Magelang saya tidak tahu. Kalau butuh pasir biar datang sendiri, tetapi jangan mencari pakai alat berat di Jogja,” kata dia.

Pesan Mbah Maridjan

“Bupati Sleman, Bupati Klaten, Bupati Magelang dan Bupati Boyolali, mereka kalau bisa harus mikir, tidak bisa berfikir demikian akan tetap diberi pasir, tetapi dengan awan panas” katanya

“Umpamanya keempat bupati itu, Sleman, Klaten, Boyolali dan Magelang, tidak mau mengusir alat berat selamanya, maka akan diberi pasir, tetapi dengan awan panas. Itu perintah Eyang Merapi. Itu pasti, namanya merusak alam” ujarnya.

Erupsi Gunung Merapi terjadi sepanjang Sabtu 11 Maret 2023 hingga Minggu, 12 Maret pagi. Awan panas meluncur ke arah barat daya ke arah Kali Bebeng.

Paska luncuran awan panas, wilayah Magelang dan Boyolali diguyur hujan abu.

Artikel lainnya: 8 Makhluk Mitologis Khas Indonesia yang Melegenda

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait