8 Makhluk Mitologis Khas Indonesia yang Melegenda

  • Arry
  • 12 Mar 2023 14:10
Ilustrasi makhluk mitologi Indonesia(gloriushindu/gloriushindu.com)

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya hingga kepercayaan. Hal ini pun membuat banyak sekali kepercayaan yang memercayai adanya hewan mitologi.

Hewan mitologi ini umumnya bersifat fantastis. Baik dari segi bentuik hingga kemampuannya. Selain itu makhluk ini juga memiliki kisah tersendiri dan menjadi sebuah legenda di suatu masyarakat. .

Dalam perkembangannya, wujud makhluk mitologi itu dipakai sebagai lambang hingga dekorasi bangunan. Makhluk mitologi di Indonesia ini juga memiliki kisah yang tak kalah seru dibanding dengan makhluk mitologi di negara lain.

Apa saja makhluk tersebut, berikut daftarnya:

1. Garuda

Garuda merupakan hewan yang disebut dikendarai Dewa Wisnu dalam ajaran agama Hindu. Dan kini Garuda dipakai sebagai lambang negara Pancasila.

Berdasarkan buku Narasi Mitos dan Legenda Indonesia dalam Ekspresi Batik Tamarin oleh Nuning Yanti Damayanti, garuda digambarkan gagah perkasa dengan tubuh yang sangat besar. Tubuhnya berwarna emas, sedangkan wajahnya berwarna putih dan sayapnya berwarna merah.

Baca juga
Geger Hewan Mitologi Ular Naga Jawa, Ada Mitos Nyawa Melayang Bagi yang Pegang

2. Nyi Roro Kidul

Nyi Roro Kidul merupakan sosok yang dipercaya oleh masyarakat Jawa sebagai penguasa Laut Kudol atau Pantai Selatan. Tokoh ini bukanlah ratu, tapi putri dari kalangan jin yang dipercaya memiliki kekuatan gaib untuk memberikan ketenteraman atau sebaliknya pada masyarakat.

3. Lembuswana

Lembuswana adalah makhluk mitologi Indonesia yang dipercaya oleh masyarakat Kutai, Kalimantan Timur. Makhluk ini konon memkiliki bentuk berkepala singa, bersayap elang, berbelalai gajah, dan bersisik ikan. Makhluk ini pun dipercaya sebagai penguasa Sungai Mahakam yang tinggal di dasar sungai sebagai pelindung Kutai.

4. Orang Bati

Masyarakat di Pulau Seram, Kepulauan Maluku memercayai adanya orang bati. Makhluk ini memiliki tubuh seperti manusia dan bersayap seperti kelelawar. Tubuhnya berwarna merah, sedangkan sayapnya berwarna hitam besar. Berdasarkan mitos, orang bati tinggal di Gunung Kairatu dan suka menculik anak kecil untuk disantap. Kedatangan hewan ini dapat dikenali dengan suara teriakannya yang melengking.

Baca juga
VIDEO: Hewan Mitologi Ular Naga Jawa Ditemukan di Pegunungan Sanggabuana

5. Ahool

Masyarakat Jawa juga memiliki kepercayaan akan hadirnya makhluk Ahol. Sebuah makhluk seperti kelelawar raksasa yang memiliki sayap sepanjang 3 meter. Hewan ini disebut tinggal di hutan Gunung Salak.

6. Naga Besukih

Bagi masyarakat Bali, Naga Besukih adalah naga yang muncul dalam asal usul Selat Bali. Berdasarkan cerita rakyat, naga ini bisa dipanggul menggunakan genta milik pemujaan Begawan Sidi Mantra. Naga Besukih ini disebut juga dapat mengeluarkan emas dan permata dari sisiknya.

7. Orang Pendek

Orang pendek disebut tinggal di hutan-hutan Sumatera. Orang pendek ini disebut juga mirip hewan kriptid. Konon orang pendek berwujud primata berjalan ini memiliki tubuh setinggi 80 cm hingga 150 cm.

8. Leak

Bali juga memercayai adanya leak. Leak adalah manusia yang mempraktikkan ilmu hitam. Leak ini biasa muncul saat malam tiba dan merupakan makhluk mengerikan yang memangsa bayi untuk memperkuat ilmunya.

Artikel lainnya: Beredar Indomie Goreng Aksara Mandarin, Asli Atau Palsu? Ini Kata Indofood

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait