Cerita Fahmi Ekspor 4,5 Ton Lato-lato ke Malaysia, Kini Incar Pasar Thailand

  • Arry
  • 2 Feb 2023 11:50
Permainan lato-lato(ist/unsplash)

Permainan lato-lato kembali viral. Permainan yang sudah ada sejak lama itu pun membawa berkah bagi Fahmi Suwata, pria asal Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Fahmi mengaku berhasil mengekspor 4,5 ton lato-lato ke Malaysia. Dia pun berhasil meraup cuan puluhan juta rupiah.

"Saya mengekspor lato-lato ini sejak awal Januari tahun 2023 ini. Awal ide muncul untuk mengekspor lato-lato ini adalah saat berbincang-bincang dengan relasi saya di Malaysia," kata Fahmi Suwata kepada media.

"Saya tanyakan sama relasi saya yang di Malaysia itu, apakah lato-lato sedang tren juga. Namun, katanya saat itu masih belum banyak yang memainkan," ujarnya.

Baca juga
Kisah Pedih Mahasiswa UNY Berjuang Cari Keringanan Uang Kuliah Hingga Meninggal Dunia

Fahmi pun tertarik memasarkan lato-lato ke Malaysia. Dia kemudian mengumpulkan lato-lato dan mengurus pengiriman ke Malaysia.

"Awalnya itu saya kirimkan sebanyak 785 kg. Sudah ada empat kali pengiriman, hingga saat ini dan jumlahnya mencapai 4,5 ton. Relasi saya ini ternyata menjual lato-lato secara orderan dan grosiran," jelasnya.

Menurut Fahmi, dari penjualan lato-lato ini, dia mampu meraup omzet hingga puluhan juta rupiah. Tak hanya itu, dia juga sudah memiliki dua karyawan.

"Lato-lato itu saya dapatkan dari agen-agen yang ada di Padang, Bukittinggi, dan Jakarta. Untuk mencari lato-lato ke agen tersebut, saya dibantu dua orang anggota. Alhamdulillah dari pekerjaan itu bisa mendatangkan penghasilan bagi mereka," katanya.

Baca juga
Quraish Shihab Cerita Rasulullah dan Nabi Ibrahim Saat Hancurkan Berhala

"Saya membeli lato-lato itu dalam jumlah banyak dan berkarung-karung. Saat saya cek beberapa karung, barang bagian atasnya memang sesuai yang diminta. Ternyata di bagian bawahnya tidak sesuai yang diminta. Tahunya saat relasi saya di Malaysia itu memberi tahu. Untungnya kondisi itu bisa diatasi," ujarnya.

Kini Fahmi berencana memasarkan lato-lato ke Thailand. "Saat ini saya sedang merencanakan mengekspor ke Thailand. Saat ini masih dalam tahap penghitungan," jelasnya.

Artikel lainnya: Galaxy S23 Ultra, Galaxy S23 Plus, Galaxy S23 5G Rilis; Ini Spesifikasi dan Harganya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait