Giorgio Sopir Fortuner Arogan Jadi Musuh Ukraina, Pengacara Buka Suara

  • Arry
  • 15 Feb 2023 10:52
Giorgio Ramadhan, sopir Toyota Fortuner mengenakan baju tahanan(ist/istimewa)

Giorgio Ramadhan, sopir Toyota Fortuner yang arogan merusak mobil Honda Brio di Jalan Senopati disebut-sebut sebagai musuh Ukraina. Pihak pengacara pun buka suara.

Pengacara Giorgio, Arif Fadillah, mengakui kliennya sempat mengenyam pendidikan di Ukraina. Namuun, dia belum mengetahui apakah Giorgio masuk daftar hitam Ukraina atau tidak.

“Kalau dia (sekolah) ke sana, benar,” ujar Arif, Selasa, 14 Februari 2023.

"Masih kami dalami, untuk proses sejauh mana GR terlibat hal itu. Kami konfirmasi dulu, konfirmasi lebih dalam,” ujar Arif.

Baca juga
Giorgio Sopir Fortuner Arogan Disebut Jadi Buronan Ukraina, Ini Kata Polisi

Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Ade Ary Syam pun mengaku tengah mendalami isu Giorgio masuk daftar hitam Ukraina. "Sejauh ini kami belum mendapat informasi itu dan kami akan cek," ujar Ade Ary.

Dubes Ukraina untuk Indonesia, Vasyl Hamianin, mengonfirmasi, Giorgio pernah masuk UkrainaDonbass, wilayah Ukraina yang diduduki Rusia itu secara ilegal.

"Berdasarkan peraturan Ukraina, adalah hal ilegal untuk mengunjungi teritori Ukraina yang diduduki. Dia pernah pergi ke sana," kata Dubes Ukraina untuk RI, Vasyl Hamianin, kepada detikcom.

Nama Giorgio disebut masuk dalam daftar hitam seperti diungkap situs lokal Myrovorets. Myrovorets adalah sebuah organisasi yang memuat daftar orang yang dianggap sebagai musuh Ukraina.

Baca juga
Cerita Helena Penumpang Brio Saat Diserang Giorgio Sopir Fortuner: Syok Takut Banget

Dari situs tersebut disebutkan Giorgio masuk daftar musuh Ukraina sejak 3 Mei 2019. Hal tersebut lantaran tindakannya dinilai pro-Rusia.

Hal ini terjadi setelah Giorgio mengikuti konferensi di Donbass, wilayah timur Ukraina. Giorgio disebut mendukung gerakan masyarakat Donbass, yang kini sudah dikuasai Rusia.

Vasyl menegaskan, situs Myrotvorets bukalah situs resmi pemerintah Ukraina. "Sekadar informasi, Myrotvorets bukan situs resmi pemerintah Rusia," kata Vasyl Hamianin.

Baca juga
Giorgio Sopir Fortuner Arogan Hajar Brio Jadi Tersangka dan Ditahan

Di luar soal Ukraina, Giorgio kini sudah menjadi tersangka karena menrusak mobil Honda Brio milik pengemudi taksi online.

Giorgio saat ini sudah berstatus tersangka dan dijerat Pasal 406 KUHP dan Pasal 335 ayat 1 KUHP. Giorgio pun sudah ditahan di Mapolres Jakarta Selatan.

Artikel lainnya: Melihat Lagi Vonis Ultra Petita Ferdy Sambo Cs, Terdakwa Pembunuhan Brigadir J

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait