Video Aksi Heroik Prajurit TNI Evakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi

  • Arry
  • 22 Feb 2023 08:47
Proses evakuasi penyelamatan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono oleh prajurit TNI dengan menggunakan helikopter Super Puma(@divhumaspolri/instagram.com)

Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dan rombongannya berhasil dievakuasi dari Bukit Tamiai Muara Emat. Proses evakuasi dilakukan melalui jalur udara.

Evakuasi terhadap Irjen Rusdi dan rombongan dipimpin Danyonko 462 Kopasgat Letkol Pas Muhammad Junaidi. Selain itu, sebanyak enam prajurit TNI AD lainnya juga ikut membantu proses evakuasi yang dilakukan sejak Senin, 20 Februari.

"Alhamdullilah, semua bisa dievakuasi," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo.

Evakuasi terhadap Kapolda Jambi dilakukan menggunakan helikopter Super Puma. Kondisinya mengalami cedera patah tulang tangan dan ada keluhan di punggung. Namun secara keseluruhan Irjen Rusdi dalam keadaan sadar dan stabil.

Baca juga
Rombongan Kapolda Jambi dan Penumpang Helikoter Ditemukan

"Pak Kapolda berhasil dievakuasi dengan heli superpuma. Saat ini sedang berada di Posko Merangin untuk mendapatkan perawatan," kata Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Mulia Prianto.

Selama proses evakuasi, Irjen Rusdi didampingi prajurit TNI Kopda Ahmad Novrizal. Dia ikut menggantung di tali yang digunakan untuk mengangkat tandu Irjen Rusdi dan ditarik ke helikopter NAS-332 Super Puma milik TNI AU.

Evakuasi ini tidak mudah. Sebab, saat tali ditarik ke helikopter, tandu yang digunakan Irjen Rusdi terus berputar.

"Tadi saat mereka laksanakan kegiatan hoist (pengangkatan dari lokasi pendaratan darurat ke helikopter) karena kondisi kapolda itu tangannya cidera dan ada sedikit cidera di daerah tulang belakang untuk antisipasi jangan sampai bertambah cidera tersebut mereka laksanakan pada posisi yang mengamankan posisi cidera sehingga terjadi sedikit kemiringan. Tapi sudah diantisipasi dengan double safety belt," kata Dankopasgat Marsda TNI Taspin Hasan.

Menurutnya, proses pengangkatan memakan waktu hingga 18 menit. "Tadi memang terjadi putaran twist yang cukup, itu juga dikhawatirkan, untungnya peralatan tersebut, peralatan canggih dan sangat kuat, standar TNI AU untuk rescue sehingga putaran tersebut tidak memutus sling yang ada," jelas Taspin.

"Alhamdulillah prajurit saya sangat kuat dan militan, dan profesional. Jadi bisa atasi kepanikan terhadap putaran twist tersebut. Kalau dia panik, ya, mungkin akan terjadi cerita lain," ujar Taspin.

Simak video aksi heroik prajurit TNI menyelamatkan Kapolda Jambi Irjen Rusdi di bawah ini:

Evakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait