Rafael Alun Pegawai Pajak Tak Taat Pajak: Motor Harley Bodong, Rubicon Nunggak Pajak

  • Arry
  • 2 Mar 2023 14:44
Mobil Rubicon yang dikendarai Mario Dandy Satrio, anak pejabat Ditjen Pajak(ist/istimewa)

Kendaraan-kendaraan mewah mantan pejabat Ditjen Pajak, Rafael Alun Trisambodo, ternyata tidak membayar pajak. Motor Harley Davidson yang dimilikinya diketahui bodong, sementara Jeep Rubicon nunggak pajak.

Hal tersebut diketahui usai Rafael Alun dimintai keterangan oeh Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK terkait harta kekayaannya yang dinilai janggal.

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan, mengungkapkan motor gde Harley Davidson milik Rafael Alun tidak terdaftar di kepolisian maupun Samsat.

"Yang Harley Davidson karena enggak ada pelat nomornya kita juga enggak bisa cari ke mana-mana," kata Pahala.

Baca juga
Anak Pejabat Pajak Sering Pamer Harley Hingga Rubicon, Tapi Tak Ada di LHKPN Ayahnya

KPK pun sudah mengecek langsung ke Samsat untuk mengetahui pelat nomor B 6000 LAM yang terpasang di Harley Davidson yang viral di media sosial. Hasilnya, nomornya tidak terdaftar. "Iya palsu," kata Pahala.

Pahala menjelaskan, soal nopol palsu itu sudah diklarifikasi langsung ke Rafael. Ayah dari tersangka penganiayaaan, Mario Dandy Satrio, itu mengakui pelat nomor Harley tersebut tidak terdaftar.

Lalu bagaimana dengan Jeep Rubicon yang dipakai Mario Dandy? Polisi menegaskan, mobil Rubicon itu menunggak pajak Rp 6 jutaan.

"Saat itu mobil ini menggunakan pelat nomor ini B-120-DEN, kemudian setelah dilakukan cek fisik nomor rangka dan nomor mesin oleh petugas dari Direktorat Lalu Lintas, maka nomor polisi ini tidak sesuai dengan peruntukannya ini," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Ade Ary Syam Indradi.

Baca juga
Ada Botol Miras di Mobil Rubicon yang Dipakai Mario Dandy Saat Aniaya D

Ade Ary mengungkapkan, nopol asli Rubicon milik Mario Dandy itu adalah B 2571 PBP. Hal tersebut sesuai dengan STNK yang ada. "Kemudian kami mengamankan nopol B-2571-PBP yang sesuai dengan STNK yang ada," katanya.

Dilihat dari laman Samsat DKI Jakarta, mobil tersebut teregistrasi atas model Jeep Wrangler berkapasitas 3.600 cc dengan transmisi otomatis. Mobil yang tercatat memiliki nilai jual Rp 318 juta itu tercatat dengan status "masa pajak habis".

Berdasarkan keterangan di laman tersebut, total pajak yang belum dibayar oleh Rafael Alun atau Mario Dandy adalah sebesar Rp 6.989.000.


Rafael Alun klaim Jeep Rubicon milik kakaknya >>>

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait