Lulus Sarjana ITB, Eril Digantikan Ridwan Kamil Diwisuda

  • Arry
  • 8 Apr 2023 14:36
Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril menjalani wisuda in absentia dan digantikan Ridwan Kamil di ITB(@ridwankamil/instagram)

Gubernur Jawa Barat Ridwak Kamil menggantikan posisi Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril menjalani wisuda di Institut Teknologi Bandung atau ITB.

Wisuda ini digelar setelah Eril dinyatakan lulus sarjana dari Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD), ITB.

"Alhamdulillah, hari ini, A Eril almarhum, akan diwisuda sebagai sarjana ITB secara in absentia. Saya akan mengambil ijazahnya mewakilinya," kata Ridwan dalam postingan Instagram dikutip Sabtu, 8 April 2023.

Eril meninggal dunia usai tenggelam di Sungai Aare, Swiss pada 26 Mei 2022. Jasadnya ditemukan di permukaan Bendungan Engehalde, Swiss, pada 8 Juni 2022.

Baca juga
Begini Cerita Bu Guru Geraldine Temukan Jasad Eril di Sungai Aare

"Sekian bulan setelah wafatnya, ITB mengadakan sidang dua kali untuk menguji Tugas Akhir-nya yang memang secara substansi sudah selesai, itu layak apa tidak untuk dinyatakan lulus," ujar Emil.

Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril diwisuda in absentia ITB

"Perlu digarisbawahi, kami sekeluarga tidak meminta ini karena sudah kami ikhlaskan semua hak atau urusannya di dunia ini," kata Emil.

Kang Emil menjelaskan, Eril mengerjakan tugas akhirnya dengan membuat teknologi scanning penyakit kulit menggunakan kamera ponsel yang kemudian dibaca oleh machine learning.

Baca juga
Reaksi Atalia Saat Nama Eril Dicoret dari KK Saat Diwawancara Mata Najwa

"Sidang pertama di fakultas, kemudian hasil sidang di fakultas diuji lagi oleh beberapa Guru Besar atau Professor. Dan hasilnya Alhamdulillah dinyatakan memenuhi syarat standar ketat ITB," jelas Emil.

"Dear A Eril, bahkan setelah kamu berpulang pun, Allah SWT masih menyayangimu dengan memberikan kemuliaan dan kehormatan kepadamu, Nak. Selamat ya A, kami semua bangga sama kamu. Al-Fatihah dan doa terbaik kami kirimkan untukmu," kata Ridwan.

Artikel lainnya: Viral Penampakan Udara Kota Jakarta Diselimuti Polusi di Pagi Hari

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait